Diposting : 4 June 2018 20:07
I Made Darna - Bali Tribune
KTP el
Keterangan Gambar: 
Petugas Disdukcapil Badung saat melakukan perekaman KTP el untuk warga Kelurahan Kuta, Minggu (3/6).

BALI TRIBUNE - Sistem jemput bola yang digulirkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung cukup ampuh membantu warga pencari administrasi kependudukan. Puluhan warga berhasil dilayani dengan sistem ini.

Seperti di Kelurahan Kuta, Minggu (3/6) kemarin. Pelayanan Disdukcapil Badung ‘diserbu” warga untuk melakukan perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el), KIA (Kartu Identitas Anak) dan Pemutakhiran data Kartu Keluarga (KK). Bahkan bagi warga lansia, penyandang disabilitas dan lainnya juga dilayani langsung di rumahnya.

Hasil dari kegiatan jemput bola di kelurahan Kuta Perekaman KTP el sebanyak 31 orang, pencetakan KTP el sebanyak 91 keping dan KIA 68 orang dan pemutakhiran data sebanyak 4 orang.  Sehari sebelumnya, Sabtu (2/6), Disdukcapil juga melakukan kegiatan serupa di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal. Di Desa Punggul untuk Perekaman KTP el sebanyak 60 orang dan pencetakan KTP el sebanyak 135 keping.

Selain jemput bola, petugas Disdukcapil juga lembur di kantor Disdukcapil tiap hari Sabtu dan Minggu.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisdukCapil) Badung, Putu Suryawati menerangkan Disdukcapil Badung selalu siap untuk melayani masyarakat dan juga jemput bola.

“Untuk mempercepat pelayanan administrasi kependudukan, petugas kami bagi dua yakni ada yang standby di Kantor Disdukcapil Badung dan ada yang turun ke lapangan,” ujarnya, Minggu (3/6).

Nah, bagi yang turun ke lapangan ini dibagi lagi, ada yang stand by di Kantor Camat Kuta dan ada yang gerilya ke rumah rumah-rumah penduduk yang membutuhkan pelayanan, seperti untuk warga lansia, cacat atau penyandang disabilitas, orang gila, dan warga sakit.

“Bagi yang lansia dan sakit kami langsung cari ke rumahnya untuk dilakukan perekaman dan pencetakan KTP el,” katanya.

Untuk mempercepat proses, sistem jemput bola ini langsung dicetak ditempat. Jadi masyarakat tidak perlu lagi berbondong-bondong datang ke Kantor Disdukcapil Badung. “Kita cetak di tempat untuk KTP el,” jelasnya.