Bali Tribune, Jumat 27 April 2018
Diposting : 9 January 2018 20:47
I Wayan Sudarma - Bali Tribune
selfie
Keterangan Gambar: 
Lokasi wisata baru di Desa Bila sangat indah untuk dipakai sebagai tempat ber-selfie.

BALI TRIBUNE - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng melalui Bidang Sumber Daya Pariwisata, Senin (8/1) kemarin melakukan kunjungan ke Desa Bila terkait adanya wisata Selfie baru yaitu wisata selfie Abian Bagus. Kunjungan tersebut disambut baik Perbekel Desa Bila, I Ketut Citarja Yudiarta serta pengelola wisata setempat, Nyoman Kari.
Nyoman Kari, pengelola wisata selfie Abian Bagus menyampaikan bahwa awal lokasi wisata selfie Abian Bagus itu dibuat oleh anak-anaknya untuk keperluan berteduh bagi keluarga. Belakangan, tidak sedikit yang kemudian mampir ke lokasi tersebut.


“Awalnya dibuat oleh anak saya sebagai tempat berteduh untuk keluarga dan sampai saat ini kalau ada yang datang saya terima, dan diharapkan tempat ini juga berkembang,” terang Kari.


Pada kesempatan tersebut Perbekel Desa Bila juga menyampaikan bahwa Desa Bila mempunyai potensi Sumber Daya alam yang bagus untuk dikembangkan dari sektor pariwisata seperti wisata selfie Abian Bagus tersebut namun wisata selfie tersebut masih dikelola sendiri atau perseorangan.


Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Dispar Buleleng,I Putu Kusdianto  menyarankan agar segera dibentuk Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) sebagai wadah organisasi  pengembangan objek wisata di Desa Bila.


Selain itu Kusdianto juga menyampaikan soal standar keamanan serta  SOP (standard operating procedure) pengelolaan objek wisata.
“Hal ini penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat tamu berkunjung ke tempat wisata selfie ini,”tegasnya.


Terkait dengan peran pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Kusdianto berjanji akan membantu serta terlibat pada pengembangan objek wisata dimaksud.


“Dan kami Dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng akan mengembangkan dan mempromosikan tempat wisata selfie Abian Bagus ini,” janjinya.


Objek wisata Selfie Abian Bagus berada di Desa Bila Kecamatan Kubutambahan atau sekitar 13Km arah Timur Kota Singaraja. Berada disebuah lahan pertanian, lokasi wisata baru ini berlatarkan hamparan perbukitan sehingga indah sebagai latar ber-selfie ria.