Bali Tribune, Senin 18 Juni 2018
Diposting : 13 June 2018 21:32
Agung Samudra - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PATROLI - Petugas Polres Bangli saat melakukan patrol dengan menyasar rumah dan warung yang ditinggal mudik.

BALI TRIBUNE - Guna mengantisipasi pencurian dengan sasaran rumah kosong (Rumsong) karena ditinggal penghuni mudik serangkian hari raya Idul Fitri, kepolisian Resort Bangli melakukan pemantauan rumsong. Pihak kepolisian telah melakukan pendataan rumah yang ditinggal mudik penghuninya. Pemantauan dilakukan lewat  patrol rutin.

Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi mengatakan, sudah menjadi tradisi setiap hari raya lebaran, warga perantauan pulang kekampung halamanya. Begitupula warga musim perantauan di Bangli tidak sedikit pulang kekampung halamanya.  “Karena mudik tentu rumah yang mereka tempati  kosong,” ujarnya sembari menambahkan untuk kawasan  kota Bangli ada beberapa titik lokasi pendatang,seperti kawsan permukiman LC Uma Aya, Uma Bukal dan di Kelurahan Bebalang, Selasa (12/6).

Kondisi rumah tanpa penghuni,kata Sulhadi tentu membuka celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan kriminal . Sebagi  langkah antisipasi  Polres Bangli dengan Sat Gas Oprasi Ketupat dan mengaktifkan peran babinkantibmas  rutin melakukan patroli dengan menyambangi rumsong yang ditinggal mudik penghuninya. “Selain Patroli rutin kita juga mengajak masyarakat untuk mengantifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) dan ketika petugas turun sekaligus melakukan kordinasi dengan tetangga yang tidak mudik,” jelas Sulhadi.

Papar Sulhadi untuk mudik puncaknya H-7 jelang Idul Fitri karena berbarengan dengan libur cuti bersama ,namun demikian sejauh ini belum ada laporan  kasus pembobolan rumah kosong pasca ditinggal mudik.