Bali Tribune, Kamis 21 Juni 2018
Diposting : 27 September 2017 19:47
I Made Darna - Bali Tribune
BUMDes
Keterangan Gambar: 
Ketua Komisi I DPRD Badung, I Wayan Suyasa didampingi anggota Komisi I, Made Ponda Wirawan saling tukar cindera mata dengan pimpinan rombongan DPRD Purworejo di kantor DPRD Badung, Selasa (26/9).

BALI TRIBUNE - DPRD Kabupaten Badung kembali menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (26/9). Kunjungan rombongan yang dipimpin Yobhi Prabowo selaku Wakil Ketua DPRD tersebut diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Badung, I Wayan Suyasa didampingi anggota I Made Ponda Wirawan serta Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Ketut Karpiana.

I Made Ponda Wirawan usai acara mengungkapkan, tujuan Dewan Purworejo berkunjung ke DPRD Badung yakni ingin melakukan koordinasi tentang Perda kerjasama desa yang akan dibentuk di Kabupaten Purworejo. "Jadi mereka akan ingin mengetahui tentang Perda itu, kalau di Kabupaten Badung bagaimana," ujarnya.

Ponda Wirawan mengatakan, pihaknya menjelaskan pada rombongan Dewan Purworejo bahwa Kabupaten Badung telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan desa mandiri yang dicanangkan oleh Bupati. "Jadi mereka ingin tahu apakah bisa desa itu menggaet pihak ketiga untuk kerjasama. Kita kan sudah menerapkan dengan adanya BUMDes itu," ungkapnya.

Kerjasama desa di Kabupaten Badung, katanya lebih lanjut, sudah diterapkan melalui pembentukan BUMDes tersebut. Pihaknya juga menjelaskan, Pemkab Badung terus menggali agar setiap desa di Badung memiliki BUMDes sesuai dengan potensi desa. "Misalnya desa ini tidak memiliki yang diperlukan, desa lain yang mengcover. Kerjasama desa itu yang kita terapkan di Badung melalui BUMDes itu," jelas Ponda Wirawan.