Diposting : 14 March 2019 22:46
habit - Bali Tribune
Bali Tribune/ray Kapolresta Denpasar memberikan keterangan pers.

Denpasar | Bali Tribune.co.id - Dua unit sepeda motor milik Ngurah Putu Pratama dan Putu Sunartawan dibakar diduga pakai molotov yang terparkir di garase rumah Jalan Irawan Nomor 01 Banjar Liligundi Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara, Kamis (14/3) pukul 03.00 Wita.

Sepeda motor DK 3659 DE milik Ngurah Putu Pratama mengalami terbakar pada bagian dek depan sebelah kiri, tempat barang, reting depan kiri, sayap depan sebelah kiri dan dek bawan sebelah kiri.

Sementara sepeda motor milik Putu Sunartawan DK 5803 DT terbakar pada bagian kabel, sadel bagian depan, tutup aki, lampu reting kanan, lampu depan, dek bawah stang motor, sayap depan bagian belakang dan pijakan kaki kiri.

Menurut salah seorang saksi, Rasinem (52) saat itu dirinya sedang tidur mendengar suara kendaraan sepeda motor berhenti di depan rumah,  dan ia mengira itu suara kendaraan anak-anak kos. Namun ketika saksi melihat ke luar dari kaca sepertinya ada sinar terang dari luar garase sepeti nyala api, sehingga ia keluar cek ternyata  dua unit sepeda motor milik tuan rumah terbakar.

Atas kejadian tersebut saksi berteriak ada kebakaran. Sesaat kemudian tuan rumah Putu Sunartawan bersama keluarganya keluar dan berusaha memadamkan api. Tiga puluh menit kemudian api sudah dapat dipadamkan dengan air pam dan pasir.

"Setelah api padam, tuan rumah menemukan pecahan kaca dan sumbu serta bau bensin. Di lokasi kejadian ditemukan pecahan botol, sumbu pada gerase depan kiri sepeda motor dan di sebelah barat juga ditemukan tutup botol berisi sumbu," ungkap seorang petugas kepolisian kemarin siang.

Sementara pemilik rumah, Putu Sunartawan mengatakan dirinya dan keluarganya tidak memiliki masalah dengan siapa pun. “Kami hidup bermasyarakat dengan baik,” katanya.

Kapolresta Denpasar Kombes Ruddi Setiawan langsung menggelar jumpa pers di Mapolresta Denpasar sore kemarin terkait kejadian tersebut. Pihaknya tengah dalami keterangan sejumlah saksi. Dari hasil pengembangan sementara, sebelum kejadian ada beberapa saksi mendengan suara kendaraan sepeda motor berhenti di depan rumah, tepatnya di depan gerbang parkiran.

Diduga kendaraan anak-anak kos, namun dilihat secara cermat ke parkiran dari dalam kosan melalui kaca jendela trasparan terlihat sinar terang sepeti nyala api, setelah dicek, ternyata 2 sepeda motor milik tuan rumah terbakar.

“Kami sudah amankan barang bukti botol beserta sumbu, tercium bahan bakar di botol dan sumbu namun kami akan tes di lab apa jenis bahan bakar yang dipakai,” ungkapnya.

Mantan Kapolres Badung ini belum dapat memastikan, apakah barang bukti tersebut molotov atau bukan. “Saya tidak omong ini molotov. Ini hanya botol diisi sumbu dan minyak. Setelah diketahui, pemilik langsung melakukan pemadaman. Kami masih dalami diduga dua pria misterius sebagai pelaku. Tolong jangan dibesar-besarkan karena Denpasar sedang kondusif. Dan perlu saya tegaskan, tidak ada sangkut pautnya dengan Pemilu dan Pileg," ujarnya.ray