Bali Tribune, Jumat 20 April 2018
Diposting : 19 July 2016 13:22
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
pelajar
Keterangan Gambar: 
Empat pelajar Kota Denpasar berpamitan dan mohon doa restu kepada Walikota.

Denpasar, Bali Tribune

Empat pelajar Kota Denpasar mewakili Bali untuk mengikuti Jumpa Bakti Gembira (JumbaraVIII PMR PMI tingkat nasional di Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli hingga 1 Agustus 2016 mendatang.

Sebelum berangkat empat siswa terdiri dari I Gede Eka Juniarta Yasa siswa SMAN 3 Denpasar, Putu Wira Widiantara siswa SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Naomi Aurelia Johnny A dari SD Santo Yoseph 2 Denpasar dan Yogi Muktasai Nanda siswa dari SD Satyha Sai Denpasar tersebut berpamitan dan mohon doa restu kepada Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (18/7) di kediaman Walikota Denpasar.

Kesempatan itu, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra meminta agar para peserta menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti Jumbara tersebut, sehingga dapat tampil yang terbaik.

Rai Mantra juga mengatakan, PMI sangat bagus untuk membentuk karakter siswa-siswa. Untuk itu Rai Mantra meminta agar setiap sekolah mengaktifkan kegiatan  PMI. Hal tersebut juga dapat membentuk relawan-relawan baru.

Ketua PMI Kota Denpasar Made Sudana mengatakan empat pelajar dari Kota Denpasar ini tidak sembarangan dipilih karena mereka telah lulus dalam Jumbara tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Margarana Kabupaten Tabanan. Selain itu para pelajar ini juga sangat menggeluti PMI di sekolahnya masing-masing. “Maka dari itu diharapkan mereka dapat membawa nama baik sekolahnya masing-masing dan Bali pada khususnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sudana mengatakan, dalam Jumbara tersebut empat siswa ini akan mengikuti pentas seni, lomba ke palang merahan, lomba pendidikan remaja sebaya, Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS), lomba kepemimpinan dan menampilkan donor darah sukarela. Selain itu dalam kegiatan tersebut juga diberikan pemahaman kewirausahaan dan lain sebagainya.

Sebelum pelajar ini berangkat PMI Kota Denpasar telah memberikan pelatihan untuk persiapan dirinya masing-masing. Untuk menciptakan relawan-relawan baru PMI Kota Denpasar juga akan membuat Jumbara Tingkat Kota pada akhir Agustus mendatang.

Salah satu peserta I Gede Eka Juniarta Yasa siswa SMAN 3 Denpasar mengaku  bangga dan senang dapat mewakili Kota Denpasar dalam Jumbara tingkat Nasional ini. Ia juga mengaku dengan mengikuti kegiatan Jumbara ini ia bisa dapat pelatihan sehingga dari tidak bisa menjadi tahu, seperti berlatih dalam berwirausaha.

Untuk memberikan yang terbaik sebelum mengikuti Jumbara tingkat nasional ini pihaknya telah belajar dan berlatih materi yang diberikan waktu pemusatan pelatihan (TC). “Dengan cara itu saya berharap Bali bisa menjadi yang terbaik,” ungkapnya.