Diposting : 11 February 2019 10:57
Release - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bali Tribune/Esports Menjadi Pemenang Babak Semifinal Kualifikasi Regional Turnamen Piala Presiden Esports 2019 di Bali
Bali Tribune, Denpasar-Pembukaan babak kualifikasi regional turnamen Piala Presiden Esports 2019 yang diselenggarakan serentak di Palembang dan Bali telah berhasil menghasilkan 3 juara dari masing-masing regional dan pemenang juara 1 di masing-masing regional ini akan bertanding di Final Piala Presiden Esports 2019 pada tanggal 30-31 Maret 2019 di Jakarta berhadapan dengan pemenang dari regional lainnya. Turnamen ini diselenggarakan atas kerjasama dari Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif yang dalam penyelenggaraannya diadakan oleh IESPL dan disponsori oleh sponsor utama Sakuku dan blibli.com dan co-Sponsor Game.ly dan Moonton. Turnamen ini diadakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit baru atlit esports di Indonesia dan ditargetkan diikuti lebih dari 4,000 atlit esports di seluruh pelosok Indonesia. 
Tim yang menamakan diri ROC Esports berhasil mendapatkan posisi sebagai juara 1 di semifinal kualifikasi regional turnamen ini dan berhak mengantongi hadiah berupa uang tunai Rp 25 juta dan sebagai juara 2 dan juara 3 adalah KtxEsports dan Truesight yang masing-maing mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 15 juta dan 10 juta. Penyerahan hadiah diberikan oleh Drs. KN. Boy Jayawibawa, M.Si selaku Kepala Diaspora Provinsi Bali, Abraham Wirotomo selaku Staf Ahli Madya Kantor Staf Presiden dan Norisa Saifuddin selaku Senior VP Marketing bank BCA sebagai perwakilan dari sponsor yang diberikan langsung pada hari Minggu, 10 Februari 2019 di Mal Galeria Bali.
Kantor Staf Presiden sebagai salah satu penyelenggara mengharapkan kehadiran Piala Presiden Esports ini bisa menjadi pesan kepada seluruh peminat game online untuk sama-sama menjaga ekosistem esports. “Anak muda kita akan menghadapi Revolusi Industri 4.0, mereka akan menghadapi tantangan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk itu, minat dan bakat mereka terhadap hal-hal yang berbau digital tidak bisa dibendung, harus disalurkan dalam kegiatan yang positif. Turnamen seperti Piala Presiden Esports 2019 bisa mendorong minat game online diarahkan dengan nilai-nilai sportifitas,” jelas Abraham Wirotomo, Staf Ahli Madya, Kantor Staf Presiden pada hari Minggu, 10 Februari 2019 kemarin di Mal Galeria Bali setelah menyerahkan hadiah.
Piala Presiden Esports 2019 ini membuka pendaftaran di 8 kota di Indonesia yaitu Palembang, Bali, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak dan Bekasi dengan harapan setiap atlit esports diberbagai kota bisa mendaftarkan timnya di kota terdekat tersebut. Akan tetapi hanya 2 kota awal saja, yaitu Palembang dan Bali yang menyelenggarakan kualifikasi regionalnya secara offline, karena begitu besar antusiasme terhadap olahraga esports ini, yang menyebakan banyak permintaan dari masyarakat luas diberbagai kota di Indonesia untuk turut serta menyaksikan turnamen Piala Presiden Esports 2019 ini, maka kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 di 6 kota lainnya akan diselenggarakan secara online  untuk mendapatkan finalis yang kemudian akan bertanding secara langsung dan ditayangkan oleh MetroTV. (ris)