Bali Tribune, Jumat 22 Juni 2018
Diposting : 12 January 2018 19:19
Djoko Purnomo - Bali Tribune
atlet
Keterangan Gambar: 
Melinda Evelyna

BALI TRIBUNE - Salah satu taekwondoin poomse (seni) putri belia Badung, Melinda Evelyna bakal mengikuti audisi Asian Games di Jakarta 14-26 Januri nanti. Taekwondoin Badung ini notabene penyumbang medali emas di Porprov Bali XIII di Gianyar 2017 silam.

Menurut Ketua Umum Pengkab TI Badung, Tjhin Johanes, tahapan Evelyna itu yakni seluruh atlet dari seluruh Indonesia diminta mengirim video terkait performa terbaiknya. Setelah itu atlet tersebut diseleksi pelatih dan ahirnya dipanggil pelatnas untuk mengikuti audisi.

“Jadi audisi ini sudah menyaring seluruh atlet di Indonesia. Dan untuk poomse putri, Evelyna satu-satunya yang dipanggil untuk audisi Asian Games dari seluruh Indonesia. Dengan usia masih 16 tahun, nanti di pelatnas bakal diadu dengan para taekwondoin poomse putri yang lebih senior dari Evelyna,” kata Tjhin Johanes, Kamis (11/1).

Momen itu tak dipungkirinya menjadi kebanggaan tersendiri bagi TI Badung. Dan prestasi tersebut dinilai pria yang akrab disapa Jo itu memang sebanding dengan persiapan yang dilakukan baik TI Badung juga Evelyna sendiri.

“Sebelumnya memang kami menyiapkan Evelyna secara khusus sekali. Bahkan selama liburan Natal lalu, Evelyna berlatih di Jakarta serta ditangani oleh tiga pelatih sekaligus untuk teknik dan fisiknya,” tambah Tjhin Johanes.

Pada Asian Games nanti, lanjutnya, khusus nomor poomse nomor yang dipertandingkan bukan lagi poomse melainkan new poomse atau poomse baru. Poomse baru itu lebih sulit dari poomse biasa, karena menyatukan gerak antara poomse juga dengan gerakan kyorugi atau tanding.

“Karena itulah makanya selama latihan di Jakarta beberapa waktu lalu ada tiga pelatih yang memoles Evelyna secara khusus untuk gerakan news poomse tersebut,” terang Tjhin Johanes.

Pihaknya memohon doa restu kepada insan taekwondoin di Badung khususnya dan Bali pada umumnya, agar nantinya Evelyna mampu lolos dan terpilih ambil bagian di Asian Games Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.