Diposting : 26 August 2017 14:05
release - Bali Tribune
Festival Tirtagangga
Keterangan Gambar: 
PEMBUKAAN - Acara pembukaan Festival Tirtagangga oleh Sekda Karangasem di DTW Tirtangangga.

BALI TRIBUNE - Festival Pesona Tirtagangga kembali digelar Pemerintah Kabupaten Karangasem di tahun 2017. Dengan tidak mengenal lelah Pemkab Karangasem terus berupaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karangasem, salah satunya adalah dengan melaksanakan berbagai event promosi pariwisata yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan pelaku pariwisata di Karangasem.

Event yang didukung Kementerian Pariwisata RI itu bertujuan pula sebagai upaya pengembangan pariwisata budaya Karangasem pada umumnya dan masyarakat Abang pada khususnya yang nantinya dapat mendukukung Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena Kabupaten Karangasem kaya akan potensi seni dan budaya yang berkembang pada kehidupan sosial masyarakatnya. Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Pesona Tirtagangga 2017 yang dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, bertempat di Wantilan Taman Tirtagangga, Desa Ababi Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (24/8).

Pembukaan Festival ditandai dengan pemukulan Tambur yang diawali dengan parade Gebogan dari PKK Desa Ababi, Fashion Jegeg Bagus Karangasem 2017 dan tari pembuka Tari Puspa Redaya serta penyerahan buku Taman Tirtagangga kepada Kementrian Pariwisata RI. Festival dihadiri pula Kepala Bidang Promosi Pariwisata Buatan Kementrian Pariwisata RI Ibu Gayatri beserta Tim, Forkopimda, Para Staf Ahli, Para Asisten, Dinas Pariwisata Prov. Bali, Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala OPD dilingkungan Pemkab.Karangasem, Para Camat, Lurah dan Perbekel, Ketua BPC PHRI Karangasem, Ketua IHGMA Chapter Karangasem, Ketua DPD KNPI Karangasem, Bendesa Adat di Wilayah Abang, Bendesa Adat Peladung dan Temega, Seniman dan Budayawan serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Kapala Dinas Pariwisata I Wayan Astika menyampaikan, penyelenggaraan Festival Pesona Tirtagangga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Pesona Indonesia dan merupakan salah satu upaya mewujudkan Karangasen The Spirit of Bali. “Event ini dikemas dalam bentu pesta rakyat yang melibatkan masyarakat Abang dan sekitarnya serta pelaku pariwisata,” ucapnya. Festival Pesona Tirtagangga dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 24-26 Agustus 2017 berlangsung di Taman Tirtangga yang akan dimeriahkan berbagai atraksi maupun pertunjukan seni khas Karangasem melalui pameran UMKM dan kuliner Kecamatan Abang.

Sementara itu Bupati Karangasem dalam sambutan yang disampaikan Sekdakab. Karangasem mengatakan, Kabupaten Karangasem memiliki keragaman potensi seni budaya, tradisi dan adat istiadat yang berkembang pada komunitas masyarakatnya dan kekayaan budaya menjadi salah satu potensi yang menarik untuk ditawarkan Karangasem pada wisatawan dengan menampilkan berbagai keunikan kesenian, warisan budaya dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lain.