Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 11 April 2018 15:25
Ketut Sugiana - Bali Tribune
infrastruktur
Keterangan Gambar: 
Kebulatan tekat warga Banjar Pekandelan Klod, Kota Semarapura Selasa kemarin.
BALI TRIBUNE - Karena pola Satu Jalur dinilai mampu mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Klungkung, ratusan warga Banjar Pekandelan Klod dan Pekandelan Kaler Kota Semarapura mengarahkan dukungannya kepada pasangan calon "satu jalur" Bupati-Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka–I Ketut Mandia (BAGIA) dan Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur  Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace).
 
Bertempat di Bale Banjar Pekandelan Klod, Kota Semarapura, Selasa (10/4), warga secara antusias mendengarkan pemaparan visi misi serta program kerja Pasangan Calon  BAGIA dan Koster-Ace secara antusias.  Dalam tatap muka BAGIA dan Koster-Ace dengan masyarakat setempat itu, dihadiri pula  Sekretaris Tim Pemenangan Koster-Ace IGN Alit Kusuma Kelakan, pengurus DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Sutena, pengurus partai pengusung serta sejumlah tokoh masyarakat.
 
"Karena kemampuan PAD Klungkung sangat kecil, akan sulit melakukan percepatan pembangunan. Tapi lewat satu jalur akan saya carikan bantuan anggaran dari APBN dan APBD Provinsi," terang Koster yang telah tiga periode duduk sebagai anggota Badan Anggaran DPR RI.
 
Bantuan anggaran tersebut menurut dia, nantinya akan digunakan untuk membangun fasilitas rumah sakit daerah yang lebih baik, penunjang fasilitas sekolah, wantilan banjar serta desa juga kebutuhan fasilitas umum lainya.
 
Pihaknya juga akan mengangkat produk khas lokal Klungkung agar memiliki pasar yang lebih luas lagi. "Kualitas kain endek Klungkung sangat bagus. Nanti saya akan wajibkan tiap sekolah memakai kain endek termasuk pegawai pemerintahan. Demikian juga produk khas unggulan kabupaten lain di Bali akan saya begitukan," sebutnya.
 
Menurut dia pemerintah harus berpihak kepada ekonomi kerakyatan. Karena kalau dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan itu sudah menjadi tugas pemerintah. “Astungkara terpilih pada tanggal 27 Juni 2018 nanti, tiyang akan laksanakan itu," imbuhnya.
 
Terkait pelayanan publik, pihaknya akan melakukan berbagai terobasan guna meningkatkan mutu pelayanan publik. "Masyarakat jangan dipersulit, justru harus dipermudah. Pelayan publik harus dibuat efesien dan efektif biar masyarakat puas sehinga makin meningkatkan nilai kepercayaan kepada pemerintah," ungkapnya.
 
Usai pemaparan visi misi serta program kerja BAGIA dan Koster-Ace, ratusan warga bersama para tokoh masyarakat menyatakan kebulatan tekad mendukung, memilih juga memenangkan pasangan calon "satu jalur" di Kabupaten Klungkung pada Pilkada Serentak 2018 nanti.
 
Di bagian lain, Koster-Ace dan BAGIA juga menerima kebulatan tekad dari warga Banjar Adat Bendul, Kelurahan Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung. Di sini Koster kembali menekankan pentingnya satu jalur untuk mempercepat pembangunan Klungkung.
 
"Kalau pun ada bantuan alokasi anggaran dari Pemprov dan Pemerintah Pusat, anggaran yang diterima masih pas-pasan. Nanti kalau melalui satu jalur, astungkara tiyang yang jadi gubernur dan BAGIA yang jadi bupati-wakil bupati Klungkung, maka nanti kekurangan segala anggaran pembangunan di Klungkung akan dibantu dari APBD Provinsi. Bahkan tiyang sendiri yang akan juga bantu carikan anggaran dari Pusat," terangnya.
 
Koster tak hanya akan membantu melakukan percepatan di Klungkung, tapi juga pemerataan pembangunan yakni antara wilayah Klungkung Daratan dengan Nusa Penida dan sekitarnya dengan perbaikan sejumlah kualitas dermaga pintu masuk Nusa Penida. Mulai dari dermaga Sanur, Padangbai, Pesingahan juga Nusa Penida. "Astungkara tiyang akan tuntaskan semuanya dalam lima tahun pemerintahan termasuk infrastruktur penunjangnya," katanya.