Bali Tribune, Senin 18 Desember 2017
Diposting : 26 July 2017 19:36
I Made Darna - Bali Tribune
Weda Dharmaja
Keterangan Gambar: 
Weda Dharmaja

BALI TRIBUNE - KABUPATEN Badung masuk dalam 25 Kabupaten/Kota di Indonesia sebagai role model implementasi program gerakan menuju 100 smart city di Indonesia.

Kadis Kominfo Badung I Wayan Weda Dharmaja  mengatakan program smart city di Badung, diawali pada APBD Perubahan tahun 2016 dimana Pemkab Badung bekerjasama dengan Unud telah menyusun masterplan penerapan Teknologi Informasi (TI) dan Komunikasi. 

Dalam masterplan ini tertuang konsep dan rencana pembangunan TI dan Komunikasi Pemkab Badung. Awal 2017 membentuk tim Developer smart city untuk memulai pembangunan sistem smart city. Awal Mei yang lalu Kemkominfo mengadakan assessment penerapan smart city terhadap 100 kabupaten/kota di Indonesia. “Hasilnya Badung termasuk dalam 25 Kabupaten/Kota role model penerapan smart city di Indonesia,” kata Weda.
Ditambahkan, pada 22 Mei 2017 dilaksanakan penandatanganan MoU antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo dengan Pemkab Badung tentang implementasi Gerakan Menuju 100 smart city yang meliputi; Bimtek penyusunan masterplan smart city, pertukaran data dan legal software menggunakam free and open source softwere (FOSS), sosialisasi dan focus group discussion gerakan menuju 100 smart city, integrasi data antar perangkat daerah serta pelatihan UKM untuk penggunaan sistem elektronik khususnya pemasaran secara digital (UKM GO-DIGITAL).