Diposting : 9 August 2019 15:48
San Edison - Bali Tribune
Bali Tribune/ KETUM - Deklarasi Dukungan Golkar Bali kepada Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi ketua umum DPP Partai Golkar.
balitribune.co.id | Denpasar - Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar memang baru akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Meski begitu, sejumlah nama sudah mulai digadang - gadang akan bertarung sebagai calon ketua umum. Di antaranya adalah Airlangga Hartarto yang saat ini duduk sebagai ketua umum Partai Golkar, dan Bambang Soesatyo yang tak lain adalah ketua DPR RI.
 
Di tengah munculnya nama-nama yang akan bertarung sebagai calon ketua umum, pengurus DPD II dan DPD I Partai Golkar di sejumlah daerah justru sudah menegaskan dukungannya. Bahkan, dukungan tersebut dibuat secara tertulis dan bermeterai.
 
Dukungan di antaranya datang dari DPD I Partai Golkar Provinsi Bali dan 9 DPD II Partai Golkar Kabupaten/ Kota se-Bali. Bahkan Golkar di Pulau Dewata, secara bulat menyatakan dukungan kepada petahana Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024.
 
Dukungan tersebut terungkap dalam acara "Konsolidasi Organisasi dan Deklarasi Dukungan DPD Partai Golkar Provinsi Bali Kepada Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar Periode 2019-2024", di Jimbaran, Badung, Kamis (8/8). Hadir pada kesempatan tersebut DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, 9 DPD II Partai Golkar Kabupaten/ Kota se-Bali, organisasi sayap Partai Golkar, serta anggota dewan terpilih.
 
Hadir pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, Menteri Sosial Agus Gumiwang, dan Ketua DPD I Partai Golkar dari sejumlah provinsi, dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar.
 
"Dukungan Golkar Bali bulat dan penuh kepada Airlangga untuk menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024," kata Plt Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih, usai deklarasi dukungan tersebut.
 
Menurut Demer, sapaan akrab Sumarjaya Linggih, dukungan ini sudah melalui proses rapat pleno di DPD II sampai DPD I Partai Golkar. Dalam rapat pleno tersebut, aspirasi kader menguat untuk memberikan dukungan kepada Airlangga.
 
"Aspirasi terus disampaikan kader kami di Bali. Lewat tertulis sudah, dan melalui rapat pleno berjenjang dari DPD II sampai DPD I. Jadi, Bali bulat mendukung Airlangga," tandas Demer.
 
Soal alasan dukungan tersebut, Demer menegaskan, figur Airlangga lebih baik dibandingkan kandidat lain yang digadang-gadang akan maju dalam Munas Partai Golkar mendatang. Sosok Menteri Perindustrian itu, menurut Demer, punya pengalaman yang lengkap dari legislatif sampai eksekutif di pemerintahan.
 
"Dari sisi bibit, jelas bahwa beliau anak dari salah satu Menteri terbaik di era Orde Baru. Dari sisi bobot, tidak diragukan latar belakang pendidikan dan pengalaman beliau. Apalagi dari sisi bebet, sosok beliau juga sederhana, soft, tidak sombong, tidak merasa diri kaya," beber Demer, yang juga anggota Komisi VI DPR RI.
 
Selain bibit, bobot dan bebet, pencapaian Partai Golkar dengan meraih posisi kedua terbesar dari perolehan suara DPR di Pileg 2019 merupakan prestasi yang dicapai Airlangga dan jajaran pengurus. Selain itu, komitmen Airlangga dalam membawa Partai Golkar mengawal pemerintahan Joko Widodo hingga lima tahun ke depan, tidak diragukan.
 
"Dengan semua pertimbangan itu, Golkar Bali mendukung penuh Airlangga jadi ketum lagi," kata Demer, yang pada Pileg 2019 kembali lolos sebagai anggota DPR RI Dapil Bali dari Partai Golkar. (u)
https://www.instagram.com/hondafansbali/