Diposting : 25 August 2018 11:21
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
SEPEDA - Menteri Pariwisata, Arief Yahya (di tengah) mencoba layanan aplikasi penyewaan sepeda di Sanur, Denpasar
BALI TRIBUNE - GOWES Bike Sharing Platform atau aplikasi penyewaan sepeda di Sanur memudahkan para wisatawan. Bertepatan event Boost Sanur Village Festival 2018, GOWES menyediakan 50 unit sepeda di area Matahari Terbit yang merupakan venue festival tersebut. Fasilitas ini dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung yang memiliki aplikasi GOWES pada smartphone masing-masing pengunjung.
 
Selain itu, GOWES juga menempatkan sepeda yang tersebar di 12 titik lokasi sepanjang Pantai Sanur dan Jalan Danau Tamblingan dimana akan tersedia 60 unit sepeda GOWES. Pengguna cukup mengunduh aplikasi GOWES dan mengisi saldo aplikasi. Direktur Utama PT. Surya Teknologi Perkasa (STP), Iwan Suryaputra berharap keikutsertaan pada acara Sanur Village Festival 2018, dapat menjadi ajang perkenalan layanan GOWES Bike Sharing kepada para pengunjung dan masyarakat Bali, termasuk turis.
 
"Pengunjung dapat mencoba langsung sepeda GOWES secara gratis sehingga diharapkan nantinya mereka dapat terus menggunakan sepeda GOWES yang tersedia di outlet-outlet yang telah bekerjasama dengan kami," jelas Iwan di Sanur, Denpasar, Kamis (23/8).
 
Disamping itu kata dia, GOWES diharapkan dapat menjadi opsi utama untuk transportasi jarak pendek, yang tentunya dapat menjadi solusi untuk mengurangi polusi suara dan polusi udara di wilayah padat penduduk seperti Pulau Bali ini. "Serta mengajak gaya hidup yang lebih sehat," imbuhnya.
 
Saat ini, disebutkan Iwan, ratusan sepeda GOWES sudah beroperasi di Pulau Bali yang tersebar pada area Kuta dan Legian. Pengguna GOWES tidak harus melakukan pengembalian sepeda yang telah digunakan ke titik tertentu. Melainkan cukup dengan meninggalkan sepeda yang telah selesai digunakan di mana saja di dalam area operasional GOWES karena setiap unit sepeda dilengkapi dengan Tracking Device & Digital Indonesia Map.
 
"Masyarakat yang ingin menggunakan sepeda GOWES cukup mengunduh aplikasi GOWES melalui Google Play Store atau App Store serta melakukan top up credit secara mudah melalui smartphone maupun kios digital M Cash yang tersebar di ribuan titik di Indonesia," jelasnya. yue