Bali Tribune, Jumat 20 April 2018
Diposting : 19 September 2016 15:04
Djoko Moeljono - Bali Tribune
TNI
Keterangan Gambar: 
COCKTAIL PARTRY – Didampingi Dirpers AAL Kol Laut (S) Julius Widjojono, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono, SE., menjamu Danrem 163/Wira Satya Kol Inf I Nyoman Cantiasa, SE., LO AL Kodam IX/Udayana Kol Laut (P) Asih Trisno Atmoko, dan tamu undangan dalam

SEJUMLAH perwira menengah (Pamen) dari TNI AD, AU, dan AL di Bali juga Polri (Polda Bali) serta sejumlah undangan pejabat sipil dari pemerintah maupun swasta memenuhi undangan Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono, SE.,  untuk menghadiri acara cocktail party diatas geladak KRI Dewaruci yang merapat dan sandar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar, akhir pekan lalu.

“Terima kasih sudah memenuhi undangan kami dalam acara cocktail party diatas geladak KRI Dewaruci. Inilah tradisi kami, mohon maaf kalau harus standing party karena inilah kondisi di KRI Dewaruci,” ujar Mayjen Guntur menyapa sekaligus menyampaikan kata sambutan kepada puluhan tamu undangan VVIP termasuk para taruna/taruni peserta “ASEAN Cadet Sail 2016” (ACS).

Selanjutnya, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, SE., yang mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, MDA., dalam sambutannya mengaku bangga dan bersyukur bisa menghadiri acara tersebut diatas kapal latih TNI AL yang diidam-idamkan sejak kecil. “Sebagai tongkat estafet kelak akan kami serahkan jelang pensiun, untuk itu sebagai taruna Angkatan Laut, kalian harus siap untuk melanjutkan kepemimpian kedepan,” pesan Cantiasa, manatan Komandamn Resimen Akmil kepada para taruna TNI  AL.

Turut hadir, Dirpers AAL Kolonel Laut (S) Julius Widjojono (mantan Danlanal Denpasar), Dansatgas ACS Kolonel Laut (P) Ismoro Sulistyanto, LO AL Kodam IX/Udayana Kolonel Laut (P) Asih Trisno Atmoko, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos., Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji, Danlanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, dan Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Sobaruddin, serta sejumlah perwira dari unsur TNI dan Polri.

Selanjutnya, sejumlah taruna perwakilan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Tahiland, Filipina, Kamboja, dan Myanmar menyampaikan salam selamat datang sesuai dialeg dan bahasa nasional masing-masing negara di kawasan ASEAN tersebut. Juga ditampil atraksi seni budaya Nusantara serta seni kolaborasi antarnegara ASEAN.

Meski sempat diguyur hujan deras, namun suasana keceriaan untuk pererat silaturahmi dan ajang reuni sejumlah tamu undangan yang hadir tampak puas dan terhibur dengan atraksi yang ditampilkan. Di penghujung acara sebagai salam perpisahakan puluhan taruna ACS dan para pengunjung terdengar kompak menyanyikan lagu “Kemesraan”.

Jelang meninggalkan Bali, Minggu (18/9), didampingi 15 perwira pendamping, 25 taruna AAL, 22 taruna asing dan 10 personel KRI Dewaruci melakukan kegiatan wisata mengunjungi sejumlah objek pariwisata di Bali. Diantaranya, Istana Presiden di Tampaksiring, monument Bajra Sandhi Denpasar, dan kompleks Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali.

“Para taruna mengaku sangat senang dan kagum dengan sejumlah objek pariwisata di Bali. Selain untuk meningkatkan hubungan persaudaraan dan saling tukar informasi, program sepertri ini hendaknya bisa diselenggarakan minimal 2 tahun sekali secara bergiliran,” harap Kolonel Laut (P) Ismoro Sulistyanto.

Begitu pula dengan kegiatan “open ship” selama 2 hari (16-17 September 2016) dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah masyarakat dan siswa pelajar di Bali yang antusias mengunjungi KRI Dewaruci ini. Selain kagum atas keberadaannya yang sudah puluhan tahun menjelajah seluruh pelosok dunia, namun maih laik layar sebagai salah satu KRI kebanggaan TNI AL.