Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 25 October 2017 20:19
Redaksi - Bali Tribune
Bank Indonesia
Keterangan Gambar: 
AUDIENSI - Audensi panitia Bank Indonesia Goes To Campus dengan Gubernur Bali, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, I Dewa Putu Sunartha, Selasa (24/10).

BALI TRIBUNE - Bank Indonesia (BI) kembali menggelar “BI Goes To Campus” yang merupakan agenda tahunan dari BI. Pada tahun 2017 ini, BI Goes To Campus akan dilaksanakan di 6 kampus yakni Universitas Mulawarman (3-4 November 2017), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (6-7 November 2017), Universitas Samratulangi (17-18 November 2017), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (21-22 November 2017), Univeristas Udayana (29-30 November 2017) serta Universitas Andalas (5-6 Desember 2017).

Kegiatan BI Goes To Campus merupakan salah satu bentuk sosialisasi BI tentang uang Rupiah, karena ada beberapa point penting yang tidak diketahui masyarakat. Selain itu juga masyarakat khususnya mahasiswa dapat lebih mengenal fungsi dan tugas BI sebagai bank sentral. Hal tersebut terungkap saat Gubernur Bali yang diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, I Dewa Putu Sunartha menerima Audensi panitia BI Goes To Campus Selasa (24/10).

Menurut Windy selaku pihak event organizer pelaksana mengatakan, selain BI Goes To Campus juga akan diselenggarakan Lomba Blog dan Vlog yang akan memperebutkan total hadiah senilai Rp100 juta. Dengan menggandeng salah satu televisi nasional, BI Goes To Campus diharapkan dapat mengedukasi masyarakat terkait dengan Awareness Uang Rupiah Tahun 2016, memperkenalkan mengenai kelebihan Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 serta memberikan edukasi mengenai dampak positif apabila turut serta menjaga kualitas fisik uang.

 “Banyak masyarakat hanya mengetahui fungsi uang sebagai alat transaksi saja, tapi sebenarnya ada beberapa point penting diantaranya sebagai Kedaulatan Negara. Selain itu juga bagaimana kita bisa menjaga keutuhan Uang tersebut karena sebenarnya uang yang beredar saat ini, biaya produksinya lebih besar dari nominalnya,” ungkap Windy. Dengan dilaksanakannya BI Goes To Campus diharapkan dapat menjadi pendorong bagi generasi muda khususnya mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan gerakan nasional.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali yang diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, I Dewa Putu Sunartha, menyambut positif pelaksanaan BI Goes To Campus yang akan dilaksanakan di kampus Universitas Udayana tersebut. “Kegiatan ini sangat bagus, kami menyambut baik pelaksanaan BI Goes To Campus yang akan dilaksanakan di Bali. Kita harus bangga dengan mata uang Rupiah, banyak masyarakat terlalu membanggakan mata uang negara lain,” kata Sunartha.

“Tak hanya itu, jangan sampai masyarakat kurang memahami bahwa BI sebagai bank sentral memiliki tugas di antaranya mengendalikan stabilitas sistem keuangan dan mengendalikan kebijakan makro ekonomi Indonesia,” tambahnya. Ia juga berharap agar muatan lokal (kebudayaan Bali-red) juga ditampilkan dalam pelaksanaan BI Goes To Campus. Hal ini sebagai bentuk penghargaan dimana daerah tersebut dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.