Diposting : 28 June 2016 14:53
Arief Wibisono - Bali Tribune
permadi
Keterangan Gambar: 
I Ketut Permadi

Denpasar, Bali Tribune

Menjelang hari raya Idul Fitri, Pertamina Distribusi Bali membentuk Satuan Tugas (Satgas) dalam mendukung lancarnya arus mudik ataupun arus balik. Hal itu disampaikan Marketing Branch Manager Bali - NTB, I Ketut Permadi di Denpasar, Senin (27/6).

“Sudah pasti di Bali juga membentuk satuan tugas (Satgas) di semua terminal kami seperti Manggis, Sugianyar, ataupun Ngurah Rai. Jadi kami bekerja secara simultan dengan berkordinasi dengan teman teman satgas di kantor pusat, pemerintahan daerah,” ujarnya.

Mekanisme kerja Satgas yang ada di Pertamina, menurut Permadi, yaitu memantau kelancaran distribusi. “Kami akan monitor apakah stok mencukupi, pengangkutan, distribusi, dan yang paling penting kebutuhan masyarakat harus terpenuhi,” jelasnya.

Lantas ia juga menjelaskan, umumnya ramai orang datang ke Bali setelah Lebaran, jadi banyak orang yang berwisata. “Belajar dari kondisi yang ada, kami pastikan stok tercukupi, bahkan untuk daerah tujuan wisata diusahakan buka 24 jam,” sebutnya.

Berdasarkan data historis dan estimasi pihaknya, ada peningkatan sekitar 20 persen penggunaan untuk pertamax dan pertalite. Sedangkan untuk premium tidak begitu besar paling kisarannya hanya sebesar 9 hingga 12 persen saja.

Ia tidak memungkiri jika saat ini telah terjadi pergeseran penggunaan BBM masyarakat yang awalnya didominasi premium, namun saat ini dominan ke pertamax dan pertalite. “Konsumsi bahan bakar masyarakat sekarang telah alami pergeseran, tidak lagi didominasi premium, namun lebih ke pertamax dan pertalite,” paparnya.

Lebih lanjut, Permadi mengatakan pasokan stok di Bali hingga kini aman, sudah ada penambahan sekitar 20 persen dari kebutuhan hari biasa. “Kami juga pastikan LO di masing masing SPBU mencukupi, karena ini libur panjang kuatir stok SPBU kosong. Mudah mudahan kita berharap lebaran tahun ini kita bisa amankan distribusi BBM dengan lancar,” pungkasnya.