Diposting : 8 November 2018 11:00
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Yabes Roni dan Ilija Spasojevic
BALI TRIBUNE - Bali United tanpa delapan pemain andalannya menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura dalam pekan ke-30 Liga 1 , Sabtu (10/11) lusa. Enam pemain tersebut yakni Stefano Lilipaly dan Ricky Fajrin yang bergabung dengan timnas, Agus Nova, Ahmad Agung, Yabes Roni, Melvin Platje, Ilija Spasojevic yang cedera, serta Brwa Nouri yang demam.
 
Dalam daftar 18 nama pemain yang bertolak ke Papua, kemarin, semula nama Nouri tercantum, namun akhirnya diralat karena demam maka Nouri digantikan oleh Novan Setya Sasongko.
 
Yabes Roni, Melvin Platje dan Spasojevic mengalami cedera saat Serdadu Tridatu mengalahkan Madura United, 2-0 hari Sabtu (3/11) lalu. Dokter tim Bali United pun memberikan keterangannya terkait cedera yang dialami tiga penyerang Bali United tersebut.
 
Menurut Dokter Virsa Paradissa, Melvin Platje dan Yabes Roni mengalami cedera yang sama yaitu di bagian ankle. Ia mengatakan bila sebenarnya tim medis Bali United sudah melakukan penanganan pertama, namun setelah melihat perkembangan terakhir, Platje dan Yabes belum bisa mengikuti latihan secara penuh.
 
"Ya, pasca pertandingan melawan Madura United, ada beberapa pemain yang mengalami cedera. Melvin Platje dan Yabes Roni mengalami cedera sprain ankle. Kami sudah lakukan upaya penanganan pertama yaitu RICE (Rest-Ice-Compress-Elevation) untuk cedera ankle yang dialami Melvin Platje dan Yabes Roni. Namun perkembangan klinisnya dalam dua hari ini belum memungkinkan untuk mengikuti latihan tim," ujar Dokter Virsa, kemarin.
 
Sementara itu Ilija Spasojevic mengalami cedera strain adductor (regangan berlebihan pada otot paha bagian dalam). Menurut Dokter Virsa, cedera yang dialami Spaso sudah mulai dirasakan dua pekan lalu saat laga kontra Borneo FC.
 
"Untuk kondisi Spaso, upaya pencegahan re-injury (cedera berulang) sebenarnya sudah kami lakukan dan intensitas latihan juga diturunkan setelah pertandingan melawan Borneo FC, namun kondisi strain otot yang dialami semakin memberat,” ujar Dokter Virsa.
 
Karena itu, lanjut Virsa, pasca pertandingan terakhir melawan Madura United, Spaso harus masuk ke dalam program rehabilitasi dan fisioterapi. Estimasi pemulihan cedera Spaso adalah satu pekan sebelum masuk ke program penguatan dan bergabung dengan latihan tim nantinya.