Diposting : 2 May 2018 18:45
redaksi - Bali Tribune
Patroli
Keterangan Gambar: 
DIALOG - Patroli dialogis oleh Polsek Nusa Penida antisipasi hari buruh.

BALI TRIBUNE - Antisipasi pelaksanaan Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei Polsek Nusa Penida mengerahkan sekitar 10 orang personel saat gelar patroli dialogis yang dipimpin langsung Kapolsek I Ketut Suastika, SH., Selasa (1/5), ke sejumlah proyek pembangunan hotel/bungalow yang ada di Banjar Nyuh, Desa Ped Nusa Penida.

Hal tersebut dilaksanakan dalam antisipasi segala kemungkinan yang bisa timbul saat perayaan Hari Buruh tersebut. Kapolsek Kompol Ketut Suastika didampingi oleh para personil Polsek Nusa Penida mengumpulkan para buruh sedang bekerja untuk diberikan pengarahan kamtibmas khususnya keamanan di lingkungan tempatnya bekerja. Sekitar kurang lebih 25 orang pekerja yang berasal Jawa, Lombok dan lokal Nusa Penida menerima arahan dari Kapolsek.

Disampaikan dalam kesempatan tersebut agar para buruh/pekerja tidak terpengaruh dengan situasi yang ada di ibu kota Jakarta yang sedang melakukan demo dan menuntut haknya dan tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa apalagi para pekerja sudah mengakui bahwa selama ini tidak ada permasalahan antara pihak buruh dengan pengelola proyek terkait masalah upah. Kapolsek juga mengimbau kepada para pekerja yang tinggal di lokasi proyek agar sama-sama menjaga keamanan barang-barang milik perusahaan dan jangan sampai para buruh terlibat langsung dalam aksi pencurian sehingga harus berurusan dengan pihak Kepolisian.

Para pekerja/buruh sendiri tidak mengetahui bahwa hari ini merupakan Hari Buruh yang semestinya para buruh tidak melakukan aktivitas apapun alias libur, namun tetap melakukan pekerjaannya seperti biasa hal tersebut dilakukan karena selain tuntutan ekonomi juga tidak ada niat sedikitpun untuk melakukan aksi-aksi seperti yang dilakukan para buruh di Jakarta.

Sementara itu di Mapolres Klungkung juga menggelar apel siaga satu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Kabag Ops Polres Klungkung Kompol. Nyoman Suarsika, memimpin jalannya apel siaga satu antisipasi Hari Buruh Nasional yang jatuh hari ini, Selasa (1/5), di lapangan apel Polres Klungkung.

Dalam kegiatan apel ini dihadiri seluruh anggota dan pejabat utama Polres Klungkung yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Agung 2018, Ops patuh Agung 2018 dan Operasi Pekat Agung 2018, ditambah dengan Anggota Brimob Polda Bali sebanyak 32 Personil Pasukan Huruhara dan 10 personel penjinak bom, serta personel Sabhara Polda Bali yang terdiri dari 32 personil Dalmas dan 5 personel satwa.

Dalam arahannya Kabag Ops Polres Klungkung lebih menekankan tentang pelaksanaan siaga satu dan kegiatan patroli dengan sasaran perkantoran dan daerah rawan lainnya yang mana patroli akan dimulai usai pelaksanaan apel pagi.  Kabag Ops juga mengingatkan kepada Personil Polres Klungkung yang terlibat dalam Ops. Mantap Praja Agung 2018, agar tetap melaksanakan tugasnya dengan maksimal, terutama yang bertugas di Perkantoran dan Rumah Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung.