Diposting : 1 December 2018 13:23
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
BUKA - Bupati Suwirta buka Muscab HIPMI Cab. Klungkung, Jumat (30/11).

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Cabang dan Diklat Cabang BPC HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Klungkung, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (30/11).

Dalam sambutannya, Bupati Suwirta kepada Pengurus HIPMI Bupati Suwirta menyarankan agar HIPMI harus ikut aktif mengambil peran dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia. “Jangan sampai generasi muda menjadi pecundang pada masa bonus demografi, tetapi harus bisa menciptakan generasi muda menjadi pemenang,” ujar Bupati Suwirta.

HIPMI silakan berjalan sesuai dengan tupoksi dan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah. Karena suatu asosiasi/organisasi harus ada sinergitas dengan pemerintah. Inti dari pembangunan adalah partisipasi dari semua pihak, semakin banyak partisipasi dari pengusaha dan sebagainya, itulah pembangunan yang sesungguhnya.

Bupati Suwirta berharap HIPMI tidak hanya masuk ke sektor yang besar-besar saja, tetapi juga masuk ke sektor-sektor inovatif yang diciptakan oleh pemerintah seperti Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara). Bupati Suwirta meminta agar para Anggota HIPMI bersedia membagi-bagi ilmunya. "Semua organisasi di Klungkung agar sering melakukan koordinasi dengan saya, mari bersama-sama kita membangun Klungkung menjadi Kabupaten yang lebih baik lagi,” pinta Bupati Suwirta.

Ketua Umum HIPMI BPD Bali I Gusti Nyoman Dharmaputra mengatakan HIPMI merupakan sebuah organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia yang terbesar se-Asia Tenggara. HIPMI merupakan organisasi yang konsisten sebagai organisasi yang melakukan kerjasama dengan pemerintah. HIPMI juga membantu, menjaga, serta melindungi para pelaku UMKM di Indonesia agar bisa tumbuh dan berkembang di Indonesia. HIPMI juga mengadakan HIPMI Goes To School ke SMA-SMA dengan tujuan memberikan pandangan sedini mungkin tentang cara lain mendapatkan uang, bukan hanya menjadi pegawai tetapi juga dapat didapatkan dengan menjadi pengusaha.

Ketua Umum BPC HIPMI Klungkung Dewa Gede Dwi Mahayana Putra Nida dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi kinerja Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta selama 5 (lima) tahun ini. “Beliau sudah berhasil membangun Klungkung menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya. Ia juga mengapresiasi program-program yang dicanangkan oleh Bupati Suwirta salah satunya event Semarapura Festival, di mana para pengusaha UMKM Klungkung dapat menampilkan produk terbaiknya.

Ketua Panitia Dewa Gede Arimbawa melaporkan kegiatan Musyawarah Cabang dan Diklat Cabang BPC HIPMI Klungkung ini terlaksana berdasarkan AD/ART HIPMI pedoman Organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia serta Surat keputusan dari HIPMI Bali tentang pelaksanaan Musyawarah Cabang Badan Perwakilan Cabang (BPC) di Bali. Antusias pengusaha muda dalam mengikuti seminar yang diselenggarakan HIPMI sangat besar.

Dalam Kegiatan tersebut diselenggarakan juga seminar dengan tema Kesiapan Enterpreneur di Era Destruktif dan Revolusi Industri 4.0, dengan pembicara Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Bali I Putu Yuliartha, SS dan sebagai Moderator Pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Klungkung IGA Putu Ardaba Kori.