Diposting : 9 August 2017 19:55
Hendrico Kleden - Bali Tribune
Holden
Keterangan Gambar: 
Komunitas Holden Bali saat turing bersama.

BALI TRIBUNE - Sebagai agenda tahunan memperingati hari kemerdekaan,  bertepatan dengan HUT RI ke-,Kamis (17/8)  Komunitas mobil  Holden Bali Club akan  menggelar turing  bertajuk  “Ngider Bali 2017".

Turing yang rencananya diikuti 50 unit mobil akan  dilepas di parkiran Lotte Mart, Denpasar. Dari  lokasi  start yang juga merupakan venue event Bali Classic Motor Show 2  rombongan yang menuju  Taman Nasional Bali Barat namun sebelumnya mampir di Pura Rambu Siwi untuk sembayang, kemudian diteruskan menuju kota Singraja.

Setelah menginap semalam di Singaraja, keesokan harinya, Jumat(18/7) perjalanan dilanjutkan menuju lokasi Finish, Denpasar dengan melewati rute  Taman Tirta Gangga Karangasem –Goa Gajah –Denpasar.

Kong Stato pentolan Holden Bali Club menuturkan selain sebagai syukuran HUT Kemerdekaan, Ngider Bali 2017 juga bertujuan untuk menjaga keindahan alam Bali,karena itu lokasi rute melewati pesisir-pesisir pantai Pulau Bali, serta menyambangi lokasi  wisata.

‘’Kami juga ingin membuktikan bahwa mobil kuno jenis Holden masih tetap eksis ajegan Bali, sejak hadir di Bali sekitar era 60-an,’’kata Kong Stato.

Holden merupakan produsen mobil Australi yang didukan James Alexander Holden Pada tahun 1885 bekerja sama dengan pembuat kereta kuda bernama Henry Adolf Frost membentuk perusahaan terkenal bernama Holden dan Frost.

Pada tahun 1910, Holden & Frost mencoba mengotak-ngatik kendaraan bermotor dan tahun 1914 untuk pertama kalinya mencoba membuat body mobil untuk di pasangkan dengan rangka mobil bermerek “Lancia”. Percobaan ini berjalan sukses dan akhirnya Holden & Frost mendapat order cukup besar dari perusahaan mobil “Dodge” yang ironisnya akan menjadi saingan utama.

Di Indonesia  Holden di impor sejak awal tahun 1960an. Sampai saat ini, jumlah penggemar mobil holden retro ini tak pernah berkurang. Berbagai varian Holden pun masih terlihat lalu lalang di sepanjang jalan termssuk di Bali. Mulai dari keluaran 60-an hingga 80-an seperti Special, Kingswood, Premiere, Statesman, Torana, Monaro, Sunbird, Comodore, Aska, Camira, Gemini dan Calais.