Diposting : 8 January 2018 21:40
Agung Samudra - Bali Tribune
Pasraman
Keterangan Gambar: 
Penandatanganan prasasti oleh Bupati I Made Gianyar saat hadir dalam perayaan HUT Pasraman Lokanata ke-4, Minggu (7/1) kemarin.

BALI TRIBUNE - Perayaan hari ulang tahun Pasraman Lokanata ke-4 lebih spesial dengan ulang tahun sebelumnya. Pasalnya pada perayaan HUT yang berlokasi di Banjar/Desa Demulih ini dihadiri oleh Bupati Bangli, I Made Gianyar sekaligus melakukan penandatanganan prasasti.

Ketua Pasraman Lokanata Kadek Arnata disela-sela kegiatan, Minggu (7/1) kemarin mengatakan, Pasraman merupakan wadah pembelajaran seni dan budaya berbasis yoga. Berbagai kegiatan kami laksanakan di pasraman, seperti kegiatan seni tabuh, pembelajaran Bahasa Inggris, serta latihan yoga.

"Olah pikiran, tubuh, pernafasan. Kami juga mengajarkan yoga tertawa dan yoga menangis. Apa yang dilakukan ini tidak lain untuk menjaga kesehatan,”terang Arnata.

Disinggung peserta yang ikut kegiatan yoga, Kadek Arnata mengatakan peserta didominasi usia 40 tahun keatas.
Dikatakannya, mereka yang ikut yoga dikarenakan oleh penyakit yang diderita dan tidak sedikit pula oleh keinginan untuk menjaga kesehatan.

Kegiatan pasraman dilakansakan pada Kamis, Sabtu sore serta Minggu pagi. Adapula cek kesehatan rutin setiap tiga bulan sekali, bekerjasama dengan Newlife. Kegiatan kesehatan dibuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan cek kesehatan gratis tersebut.

Dia juga menyinggung yang menjadi kendala sejauh ini yakni masalah akses jalan menuju pasraman ,untuk menuju pasraman bisa  melintasi dua kases jalan yakni  melalui jalur menuju Pura Pucak Demulih, dan jalan setapak melalui tegalan.

“Kalau hujan terutama menggunakan akses jalan melintasi tegalan jalanya becek ,sedangkan menggunakan jalur menuju pura pucak demulih  jalanya agak menanjak dan rawan longsor, “ungkapnya seraya berharap kepada pemerintah untuk bisa membantu dalam pembuatan badan jalan menuju pasraman.

Kata Arnata pihaknya mengaku bersyukur karena perhatian pemerintah baik itu kabupaten maupun propinsi untuk kemajuan pasraman telah ada ,

Sementara itu Bupati Bangli I Made Gianyar sangat mendukung kegiatan pasraman Lokanata yang fokus pada bidang kesehatan. Begitu pula pasraman lainnya yang ada di wilayah Bangli. Bupati ingin seluruh pasraman bersinergi dengan pemerintahan desa setempat.

"Ini merupakan hal positif yang harus dikembangkan, untuk itu kami akan berupaya memberikan dukungan, misalnya melalui gerbang gita santi (GGS)," ungkap Gianyar.