Diposting : 8 November 2018 11:10
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Ranty Astari Rachman
BALI TRIBUNE - Industri penerbangan sebagai penyedia jasa transportasi udara turut memiliki peran penting dalam menambah pergerakan wisatawan dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Dalam mengunjungi suatu destinasi, wisatawan pun ada yang memilih menggunakan maskapai berbiaya hemat (LCC) dan juga maskapai full service. 
 
Maskapai LCC pun tetap bersaing dengan  full service dalam memberikan layanan penerbangan ke sejumlah destinasi. Seperti yang dilakukan oleh Citilink Indonesia dengan menambah beberapa rute domestik dan internasional. Hal ini mengingat pesatnya pertumbuhan masyarakat di Tanah Air yang melakukan kunjungan wisata baik dalam negeri maupun ke luar negeri. 
 
Vice President Corporate Secretary and CSR, Ranty Astari Rachman dalam siaran persnya, Rabu (7/11) menerangkan bahwa maskapai nasional ini kembali membuka rute domestik yaitu Kertajati-Kualanamu sebagai upaya mempermudah aksesibilitas dan konektivitas masyarakat di wilayah Sumatera Utara maupun Jawa Barat. 
 
Sebelumnya, Citilink telah membuka penerbangan langsung rute internasional dari Surabaya ke Penang, Malaysia pada 1 November 2018 lalu. Layanan penerbangan baru dari Kabupaten Majalengka menuju Kota Medan ini mulai Jumat 9 November 2018. 
 
Selain menjadi opsi penghubung antar kota, diharapkan pembukaan rute baru itu dapat menjadi salah satu pendukung pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Disamping itu juga diharapkan dapat menjembatani mobilisasi para pengusaha, pedagang, hingga wisatawan berkunjung dari dan menuju dua destinasi ini. "Sehingga sektor wisata dan perdagangan di dua daerah tersebut dapat tumbuh bersama," ujar Ranty.  
 
Hingga saat ini, maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut melayani penerbangan ke 35 kota dengan  74 rute dan lebih dari 284 frekuensi penerbangan setiap harinya. Sehingga akan mampu mempermudah pergerakan wisatawan domestik menuju destinasi.