ITDC Siap Kembangkan Destinasi Berkualitas Internasional | Bali Tribune
Diposting : 24 March 2016 14:33
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Abdulbar M. Mansoer

 Nusa Dua, Bali Tribune

   PT Pengembangan Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang dulunya Bali Tourism Development Corporation kini mengembangkan sayapnya ke seluruh Indonesia. Perusahaan BUMN di sektor pengembangan destinasi wisata ini diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengembangkan semakin banyak destinasi di berbagai daerah di Indonesia bahkan internasional di kawasan Asia Tenggara.

President Director ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan selain di Bali yaitu kawasan Nusa Dua ITDC telah mengembangkan destinasi baru di Mandalika, Lombok. "Karena tag line kita adalah destinasi. Kita siap jika ditugaskan oleh pemerintah untuk mengembangkan di kawasan lain," ucapnya di sela-sela peluncuran logo ITDC di kantor setempat di Nusa Dua, Badung, Rabu (23/3).

ITDC kata dia siap untuk turutserta mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan  wisatawan mancanegara ke Indonesia sebanyak 20 juta orang pada tahun-tahun mendatang.

"Target adalah kewenangan pemerintah dan kami siap untuk mensukseskan program 20 juta wisman di tahun 2020," tegas Abdulbar.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan jika ada pemerintah daerah yang wilayahnya ingin dikembangkan menjadi destinasi wisata, ITDC pun siap melakukan pengembangan. Dia menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali sudah ada inisiatif untuk mengembangkan Bali utara sebagai destinasi seperti di kawasan Nusa Dua.

"Kami masih proses itu. Pada intinya kita mendukung program Pak Gubernur untuk pemerataan atau pengembangan di Bali utara yaitu lokasinya di Gerokgak. Karena ini datanya ada di Pemda jadi kami posisinya hanya lebih menyambut. Karena tata ruang dan mapingnya ada di pemerintah daerah. Ini (pengembangan-red) akan segera di lakukan," jelasnya.

Sementara itu Abdulbar menjelaskan terkait logo ITDC yang mengambil bentuk burung garuda terbang berlatar warna biru dan hijau yang mengandung arti bahwa atraksi wisata di Indonesia lebih dominan unsur alam yaitu birunya lautan dan hijaunya hutan.

"Kita pilih garuda karena lambang Indonesia. Burung yang sedang terbang ini karena kami memilih pengembangan ke destinasi lain. Tag linenya ITDC adalah creating destinations, jadi kita menciptakan destinsi baru," terangnya.