Diposting : 8 May 2019 13:08
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ Panitia pelaksana cabor balap sepeda tampak meninjau lokasi
balitribune.co.id | Tabanan - Hajatan olahraga dua tahunan skala Bali, Porprov Bali XIV/2019 di Kabupaten Tabanan, ternyata tidak saja berimbas positif kepada kecamatan yang ada, tetapi juga bagi desa-desa terutama yang terdapat venue atau tempat pertandingan.
 
Desa Baru tepatnya Banjar Pinge yang berada di Kecamatan Marga, misalnya. Di banjar ini nantinya menjadi venue pertandingan salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di porprov, yakni balap sepeda.
 
Dipilihnya Banjar Pinge ini lantaran lokasinya yang berudara sejuk dan berada di atas ketinggian 500 m di atas permukaan laut dan cocok untuk venue balap sepeda. Pihak KONI Tabanan serta utusan dari Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Bali pun sudah meninjau lokasi itu, belum lama ini.
 
"Jadi kami memanfaatkan desa-desa yang ada di Kabupaten Tabanan untuk venue. Karena sesuai dengan moto kami sport tourism and culture yang mengedepankan olahraga, budaya serta wisata," ujar Ketua Umum KONI Tabanan, Dewa Gede Ary Wirawan, Rabu (7/5).
 
Dipilihnya lokasi yang termasuk desa wisata ini, menurut KONI Tabanan sebagai bentuk mewujudkan program Pemkab Tabanan yang tengah melakukan pengembangan potensi desa menjadi desa wisata. Dengan demikian, program sport tourism dapat berjalan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan desa yang menjadi destinasi wisata.
 
"Di lokasi ini juga sudah disiapkan kamar untuk kontingen menginap nantinya. Apalagi warga sekitar sudah mendapat pelatihan," imbuhnya.
 
Untuk cabor balap sepeda sendiri, siap dipertandingkan 2 nomor yakni road race dan individual time trail (ITT).