Diposting : 12 October 2017 18:02
Agung Samudra - Bali Tribune
AMBROL
Keterangan Gambar: 
AMBROL - Jalan Sulahan tembus Serokadan, Desa Ambuan, Susut, Bangli, ambrol

BALI TRIBUNE - Hujan deras mengakibatkan ruas jalan yang menghubungkan Desa Sulahan dengan Dusun Serokadan Desa Ambuan, Susut ambrol, Senin (9/10) sekitar pukul 22.00 wita malam hari. Akibatnya ruas jalan ini tidak bisa dilalaui kendaraan roda empat, sedangkan untuk sepeda motor masih bisa melintas diruas jalan kabupaten ini.

Kaur Desa Sulahan I Wayan Wiranata mengatakan titik jebol terjadi di jalan yang membelah pangkung bukit cedilan. Kata pria asal jalan Bau, Desa Sulahan ini ambrolnya jalan dikarenakan adanya rembesan air, sehingga  tanah menjadi labil dan mudah longsor. "Kalau hujan air akan menggenangi badan jalan yang kini jebol, air sampai meluber ke badan jalan karena drainase tidak berfungsi dengan baik,” jelasnya, Rabu (11/10).

Kemudian untuk menjaga keselematan pengguna jalan, akhirnya warga setempat memasang tanda dengan  bambu. Terkait kondisi tersebut pihak desa sudah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bangli. Dikatakan petugas BPBD sudah turun melakukan pengecekan. "Untuk sementara sepeda motor masih bisa melintas, tapi mobil harus memutar sekitar 1 kilometer,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah terkait jalan jebol Sekretaris PU Bangli I Made Soma, mengatakan pihaknya sudah menerima surat dari pihak desa. Surat tersebut sudah diteruskan ke Bagian Bina Marga. "Kami sudah terima suratnya, dan kami akan segera tindak lanjuti. Petugas kami sudah mengecek ke lokasi dan dipasang drum untuk pengaman sementara,"  kata Made Some.