JAS Jadi Official Partner Kementerian Pariwisata | Bali Tribune
Diposting : 15 November 2017 17:53
Arief Wibisono - Bali Tribune
Ngurah Rai
Foto bersama jajaran Direksi JAS bersama Menteri Pariwisata, Arief Yahya, usai penandatanganan MoU dalam Wonderful Indonesia Co Branding Forum pada Selasa (14/11).

BALI TRIBUNE - JAS Airport Services bersama Kementerian Pariwisata menanda tangani Perjanjian Kerja Sama dalam Wonderful Indonesia Co Branding Forum pada Selasa (14/11). JAS resmi menyandang gelar sebagai Official Partner Kementerian Pariwisata. Acara penanda tanganan PKS ini merupakan finalisasi dari MoU Kemenpar bersama perusahaan swasta nasional pada bulan September 2017 di Menara Bidakara.

Keseriusan JAS dalam memperkuat brand Wonderful Indonesia akan tertuang dalam berbagai bentuk. Mulai dari seragam 3,000 karyawan, collateral dan publikasi perseroan, pemutaran video di lounge JAS, event resmi perusahaan, menggalang dukungan dari maskapai pelanggan, yang kesemuanya itu dilakukan secara bertahap di 11 bandara dimana JAS beroperasi.

“Kami sudah mendengar bahwa pariwisata akan menjadi sumber devisa nomor satu. Ini saat paling tepat bagi JAS untuk berkolaborasi, karena sebagai perusahaan ground handling, kamilah yang membuka dan menutup pintu pesawat. Staff kami yang langsung melihat wisatawan saat pertama mendarat dan sebelum kepulangan,” jelas CEO JAS Airport Services, Adji Gunawan.

Ditanya soal kedepannya, Adji berharap agar lebih banyak akses terbuka bagi maskapai lain guna mencapai 20 juta wisman di 2019. “Memang banyak faktor lain yang harus diperhitungkan. Seperti kapasitas bandara atau perjanjian resiprokal. Namun kami tetap optimis, JAS siap menjadi bagian dalam program pemerintah,” ujarnya.

Pada tanggal yang sama, JAS juga turut berpartisipasi dalam Malam Penganugerahan Bandara Awards 2017 yang diadakan di Hotel Borobudur. Acara yang digelar Majalah Bandara bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan ke 106 bandara di Indonesia. Bahkan apresiasi diberikan JAS kepada para pemenang dalam bentuk studi banding ke Terminal 4 Bandara Changi Singapura.

Dalam kesempatan ini, Adji Gunawan, CEO JAS mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintah yang tetap mendukung operasional JAS dalam memberikan layanan ground handling kepada maskapai selama 33 tahun “Kerja sama yang terjadi, baik di Kementerian Pariwisata dan di Kementerian Perhubungan, merupakan bentuk keseriusan JAS dalam mensukseskan sebagian besar program pemerintah,” ucap Adji.

Sertifikat IATA

Asosiasi penerbangan komersial internasional (IATA) menerbitkan sertifikat IATA Safety Audit for Ground Operation (ISAGO) kepada JAS Airport Services kantor cabang Bandar Udara Kualanamu, Medan.

ISAGO merupakan program audit khusus yang mengukur kinerja dari perusahaan Ground Handling atau Ground Service Providers (GSP) dengan memberikan model- model untuk resiko operasi dan manajemen.

Audit dilakukan oleh auditor dari Atalia Airlines pada tanggal 8-10 November 2017 lalu. Hasilnya sangat menggembirakan, tidak ditemukan pelanggaran-pelanggaran dalam operasional ground handling dan manajemen alias NO FINDING. Dengan demikian, JAS dinyatakan IATA sebagai ground handling bertaraf internasional di 4 bandara cabang Soetta, Djuanda, Ngurah Rai dan terakhir Kualanamu.