Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 23 June 2017 21:24
redaksi - Bali Tribune
disabelitas
Keterangan Gambar: 
PENYERAHAN – Acara penyarahan bantuan kursi Roda utuk pasutri disabelitas.

BALI TRIBUNE - Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Gianyar,  pasangan tuna netra asal Br. Saba DEsa Saba Blahbatuh Gianyar, Kamis (22/6). Pasangan I Wayan Warka (51 tahun) dan NI Made Tangen (35 tahun) juga merupakan salah satu KK MIskin yang ada di Kabupaten Gianyar.

Di depan Ketua K3S Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Wayan Warka menuturkan pahit getirnya kehidupan yang harus ia jalani. Untuk menopang biaya hidup sehari-hari, Warka hanya mengandalkan dari hasil menjual air minum ke tetangga sekitarnya. Hasil yang yang didapat tentu saja jauh dari kata cukup, apalagi ia harus menanggung buah hati mereka I Wayan  Widiasa yang kini baru berusia 6 tahun.

Karena keterbatasan fisik mereka, tentu tidak banyak pekerjaan yang bisa diambil. Untuk menambah penghasil keluarga sang istri Ni Made Tangen membantu dengan menjual canang, pesanan dari tetangga sekitar yang prihatin dengan kondisi ekonomi keluarga mereka.

Ketua K3S , Ny. Surya Adnyani Mahayastra merasa prihatin sekaligus bangga dengan perjuangan pasangan ini. Meski secara fisik mereka kekurangan tapi semangat mereka untuk bertahan hidup patut dibanggakan. “ Meski dari KK Miskin dan mengalami kekurangan fisik, mereka tidak hanya duduk diam menunggu belas kasihan orang lain, namun mereka tetap berusaha untuk bertahan hidup,” kata Ny. Adnyani Mahayastra.

Kadis Sosial kabupaten Gianyar, Drs. I Made Watha ketika dihubungi mengatakan, Pemkab Gianyar sudah memberikan bantuan pada seluruh KK MIskin yang ada di Gianyar. namun bantuan itu diberikan secara bertahap. Untuk pasangan tunanetra ini, kedepannya akan diusulkan diberikan bantuan bedah rumah dan untuk anaknya akan diberikan bantuan pakaian dan peralatan sekolah. Ditambahkan , keluarga ini juga sudah mendapatkan bvantuan mesin pemarut kelapa dari K3S beberapa waktu yang lalu.

Selain mengunjungi penyandang disabilitas I Wayan Warka, rombongan  pada kesempatan itu juga mengunjungi I Wayan Seden juga asal Br. Saba Desa Blahbatuh yang menderita lumpuh. Untuk Wayan Seden, K3S menyerahkan bantuan kursi roda untuk memudahkan Wayan Seden melakukan aktifitas sehari-hari.