Diposting : 23 May 2019 23:48
Joko Mulyono - Bali Tribune
Bali Tribune/Komandan kapal perang Prancis FNS Vandemiaire F-734, Commander Jerome Henry (tengah).

balitribune.co.id | Denpasar - Kapal perang Prancis FNS Vandemiaire F-734, Kamis (23/5) sekitar pukul 10.00 Wita merapat di Pelabuhan Benoa, Denpasar, dalam rangka “port visit” di Pulau Dewata selama sepekan, hingga 28 Mei 2019 mendatang. Kedatangan kapal perang Prancis tersebut disambut Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko beserta Perwira Staf dan Atase Militer Prancis.

Kapal perang jenis Fregat tersebut dikomandani Commander Jerome Henry dan diawaki 104 anak buah kapal (ABK) untuk melaksanakan pelayaran rutin yang merupakan agenda tahunan dari Angkatan Laut (AL) Prancis. Kegiatan tersebut sesuai jadwal yang disusun oleh Mabes AL Prancis dan untuk bersosialisai dengan masyarakat/warga Prancis yang berdomisili di Bali.

Selama di Bali, para pengawak FNS Vendemiaire F-734 direncanakan akan melaksanakan kegiatan kunjungan ke beberapa pejabat di Bali, diantaranya Walikota Denpasar serta melaksanakan kunjungan ke sejumlah obyek wisata di Pulau Bali.

Kapal perang tersebut memiliki sistem persenjataan yang dipesan dari DCN Lorient (industri senjata dari Prancis, salah satunya pernah mengerjakan persenjataan Frigate Singapura RSS Formidable). Meskipun dirancang untuk beroperasi di daerah berisiko rendah, namun kapal ini tetap membawa sejumlah persenjataan dan menyertakan 1 unit helikopter yang ditempatkan di geladak buritan kapal tersebut.

Terkait kunjungan kapal perang Prancis kali ini, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar siap melaksanakan pengamanan terhadap kapal AL Perancis yang bersandar di Pelabuhan Benoa. Sedikitnya satu pleton pasukan dari Lanal Denpasar ditempatkan di area pelabuhan serta 1 kal Catamaran untuk melaksanakan pengamanan terhadap kapal perang Prancis tersebut.

“Berlabuhnya kapal perang kami di Pelabuhan Benoa Bali ini dalam rangka misi persahabatan serta persiapan untuk latihan dengan jumlah awak kapal mencapai 104 orang. Memang berencana untuk beristirahat sejenak sekaligus berwisata di Bali sebelum melaksanakan latihan. Ini adalah untuk kesekian kalinya kapal perang kami berlabuh di Bali dan saya akan berkunjung ke Pemerintahan Kota Denpasar untuk mempererat persahabatan,” ujar Commander Jerome Henry.

Dalam prosesi penerimaan kapal perang Prancis, disajikan tarian penyambutan yaitu tari Puspanjali yang diperagakan oleh 5 penari dari sanggar tari Kota Gianyar. Usai penyambutan, Komandan Kapal FNS Vandemiaire mengundang Danlanal Denpasar dan Perwira Staf untuk berkunjung ke kapal perang tersebut.