Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 23 September 2017 13:52
Release - Bali Tribune
pengungsian
Keterangan Gambar: 
Kapolda Bali saat mengunjungi tempat pengungsian.

BALI TRIBUNE - Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, didampingi beberapa pejabat utama Polda Bali, mengunjungi pengungsi Gunung Agung yang berada di Kantor Dinas Pertanian Kec. rendang, Jumat, (22/9). Kapolda Bali pada kesempatan itu juga memberikan tali asih kepada para pengungsi yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan pengungsi an. Wayan Genep yang berasal dari Dusun Kesimpar, Desa Besakih, Karangasem.

Pengungsi pada kesempatan itu menyampaikan beberapa harapan kepada Kapolda Bali bahwasanya warga yang terpaksa mengungsi ketempat pengungsian ini meninggalkan rumah, hewan peliharaan miliknya, "Sehingga mereka mengharapkan keamanan barang-barang yang mereka tinggalkan tersebut tidak hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memampaatkan kesempatan ini," ucap salah seorang pengungsi.

Kapolda Bali dalam menanggapi harapan warga tersebut menyampaikan Polda Bali akan segera melaksanakan operasi Kepolisian dalam mengamankan dusun-dusun yang berada di wilayah Gunung Agung yang ditinggalkan oleh warganya, dan akan dijaga oleh personil Polda Bali bekerja sama dengan stakeholder setempat, "sehingga ternak dan benda berharga yang meraka tinggalkan tetap aman," kata Golose.

Kapolda Bali juga menambahkan kita sama-sama berdoa dan memohon semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, walaupun kita tidak bisa kendalikan karena ini adalah alam. "Tapi kita bisa melakukan pengamanan serta dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat jika nanti ada peningkatan aktivitas Gunung Agung." Imbuhnya.

Dan jika ada peningkatan aktivitas Gunung Agung Polda Bali akan mengerahkan sistem kontijensi dan akan menurunkan 600 pers. secara bertahap untuk mengamankan pergeseran warga yang hendak mengungsi ketempat yang lebih aman. "Saya mengambil kebijakan untuk langsung melaksanakan pengamanan sebelum ada hal-hal yang tidak kita inginkan, selain itu kita terus melakukan upaya-upaya preventif sehingga masyarakat yang takut jika nanti benar-benar terjadi bencana bisa kita minimalisir situasi-situasi yang tidak kita ingingkan," tegasnya.