Diposting : 13 September 2016 13:32
Arta Jingga - Bali Tribune
wakil bupati
Keterangan Gambar: 
Puncak perayaan HUT ke-31 Karang Taruna Dharma Kumara Dauh Peken Tabanan,Minggu (11/9) lalu ditandai dengan pemotongan tumpeng. Tampak Wabup Komang Sanjaya menerima potongan tumpeng dimaksud dari salah seorang perwakilan pengurus karang taruna.

Tabanan, Bali Tribune

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri perayaan HUT Karang Taruna Dharma Kumara  Desa Dauh Peken ke-31 Tahun, Minggu (11/9) malam. bertempat di seputaran patung Dukuh, Desa Dauh Peken hadir pula anggota DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana, Camat Tabanan IGA Supartiwi, Unsur Muspika Kecamatan Tabanan, Perbekel serta tokoh masyarakat setempat.

Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan Ilmu dan Teknologi sangat berpengaruh terhadap moral dan mental para pemuda. Yang mengakibatkan kebanyakan pemuda menunjukan sifat dan sikap individual tanpa rasa kebersamaan dan sikap peduli.

Namun hal itu tidak berlaku bagi para pemuda Desa Dauh Peken yang tergabung dalam Karang Taruna Dharma Kumara Desa Dauh Peken. Lewat semangat juang yang tinggi di dalam menunjukan kreatifitas mereka mampu membuat pagelaran yang berlandaskan atas seni dan budaya.

Ketua Panitia I Made Semara Putra mengatakan, HUT Karang Taruna Dharma Kumara jatuh pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan HUT RI dan dilaksanakan pada hari ini, Minggu (11/9).

Dia mengatakan, selain perayaan HUT, kegiatan ini ditujukan pula untuk membangkitkan Adat Mebraya (persaudaraan) bagi seluruh anggota Karang Taruna dan masyarakat Desa Dauh Peken.

“Dengan tema Yang Muda Yang Berkarya semoga bisa memupuk rasa kepedulian terhadap sesama maupun juga terhadap lingkungan, serta menumbuhkan rasa sosial dan kecintaan terhadap daerah, menuju Desa Dauh Peken yang maju,”jelasnya.

Dia juga menambahkan, sebagus-bagusnya kita mengkordinir suatu acara, dikatakannya pasti ada saja yang namanya kekurangan. Baik itu kekurangan di dalam pendanaan dan kekurangan dalam menyusun acara tersebut.

 “Terimakasih pada semua pihak atas dukungan yang telah diberikan, sehingga acara yang kami laksanakan bisa berjalan dengan lancer,”ucap Semara Putra memberi apresiasi.

Sementara itu saat memberikan sambutan, Wabup Sanjaya mengaku sangat bangga melihat pemuda Desa Dauh Peken begitu kompak didalam melakukan suatu kegiatan.

Dikatakannya, ini adalah suatu wujud yang mencerminkan rasa kebersamaan dan persatuan yang sangat kental antar sesama pemuda dan orang tua serta masyarakat Dauh Peken. “Saya selaku pimpinan daerah dan juga sekaligus salah satu orang tua dari anggota Karang Taruna Dharma Kumara ini, bukan hanya bangga namun juga sangat bahagia melihat kalian dengan penuh semangat juang yang tinggi di dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di Desa,”lanjutnya.

Dia menambahkan, untuk Kabupaten Tabanan dirinya adalah seorang Wakil Bupati, namun di Desa Dauh Peken Wabup Sanjaya mengaku sebagai orang tua. Sehingga apapun kreatifitas dari pemuda/Karang Taruna yang bersifat positif didalam melestarikan adat dan budaya serta mewujudkan kemajuan di Desa akan selalu didukungnya.

“Motivasi dan semangat juang yang menggebu mencerminkan kebersamaan diantara pemuda sangatlah kental. Kami, baik selaku pimpinan Daerah ataupun selaku orang tua tidak akan pernah meninggalkan kalian, kami pasti akan selalu bantu dan dukung baik dari segi moral serta materiil,”selorohnya.

Lanjut dikatakan Sanjaya, hal itu merupakan suatu cerminan dukungan atas kreatifitas pemuda. Diharapkan kreatifitas ini muncul pada semua pemuda-pemuda di Desa yang ada di Tabanan. Berbekal motivasi dan semangat juang yang tinggi serta rasa kebersamaan yang kental, apapun bisa kita lakukan selama itu baik bagi perkembangan Desa kita.

“Ini merupakan tonggak awal bagi kebangkitan Pemuda di Tabanan. Kedepan jangan sampai terpecah oleh persoalan individu, tetap jaga kebersamaan diantara Pemuda dan Masyarakat. Apapun itu, Jelek Melah Lan Gelahang Bareng (baik buruknya mari kita tanggung bersama),” tutup Sanjaya.