Diposting : 13 June 2017 20:04
redaksi - Bali Tribune
SEMINAR - Bappelitbangda Kabupaten Karangasem menyelenggarakan Seminar Destination Branding, Senin (12/6)

BALI TRIBUNE - Dalam rangka Penyusunan Kajian Strategi Pengembangan Potensi Sumberdaya Unggulan Daerah, yang dibuka Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Forkopimda Karangasem, yang dihadiri pula Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi beserta para pimpinan OPD, Senin (12/6), di Wantilan Kantor Bupati setempat.

Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa potensi fisik yang dimiliki Karangasem berupa daerah pegunungan sampai daerah pesisir pantai memberi keragamanan potensi alam yang dapat dikembangkan, luas wilayah dengan ketersediaan lahan-lahan memberi peluang untuk dimanfaatkan secara optimal. Potensi non-fisik berupa sistem religi, sosial dan kegiatan budaya masyarakat yang beragam adalah potensi besar bagi Karangasem untuk dikembangkan sebagai sebuah atraksi kearifan lokal.

Mas Sumatri berharap seminar ini dapat memetakan potensi daerah Kabupaten Karangasem dari segi kewilayahan, segi kondisi internal dan eksternal, kondisi stakeholder pesaing dan pelanggan, kondisi isu dan tren serta kondisi gagasan pengembangan potensi destinasi.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem I Made Sujana Erawan dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari Seminar/Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Strategi Pengembangan Potensi Sumberdaya Unggulan Daerah melalui Destination Branding di Kabupaten Karangasem adalah menggali potensi dan meningkatkan potensi berdasarkan prioritas dan kesesuaiannya dengan rencana strategis untuk daerah mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Seminar bertema Strategi Pengembangan Potensi Sumber Daya Unggulan Daerah melalui Destination Branding Kabupaten Karangasem ini diikuti oleh berbagai Stakeholder yang meliputi DPRD, Majelis Desa Pakraman,  Asisten, Staf-Ahli, Tim Ahli, Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Perguruan Tinggi, LSM, Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Organisasi Profesi, Perwakilan Perbekel, Sekolah dan lainnya.

Seminar yang digelar serangkaian perayaan HUT Kota Amlapura ke-377 ini menghadirkan narasumber, diantaranya Asisten Deputi Bidang Bisnis dan Pemerintahan  Kementerian Pariwisata RI Tazbir, Kepala BPS Kabupaten Karangasem Anak Agung Nyoman Rai, pakar di bidang bisnis Arief Budiman yang dipandu oleh Ida Bagus Agung Gunastawa selaku Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.ADV