Diposting : 19 September 2016 15:47
ayu eka - Bali Tribune
bank
Keterangan Gambar: 
Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A. Arianto

Badung, Bali Tribune

Berbagai upaya dilakukan perbankan untuk meningkatkan gairah masyarakat menggunakan transaksi non tunai. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit yang diterbitkan oleh perbankan di Tanah Air. Guna menarik minat masyarakat melakukan transaksi non tunai pihak perbankan mengeluarkan berbagai fasilitas diantaranya kartu debet ATM, kartu kredit dan e-money.

Fasilitas transaksi non tunai tersebut menyasar masyarakat dari berbagai kalangan baik menengah kebawah maupun keatas. Untuk memperkuat transaksi non tunai khususnya kartu kredit, perbankan BUMN salah satunya Bank Mandiri melakukan Visa Turnamen Golf 2016 yang ke-11 di Nusa Dua, Badung, Minggu (18/9).

Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A. Arianto kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri memperkuat engagement pemegang kartu kredit Mandiri Visa Golf Signature. "Kami telah menambah varian mandiri kartu kredit Visa Golf Signature yang dikhususkan untuk segmen nasabah prioritas. Melalui kartu ini, nasabah bisa mendapatkan benefit dan ikut serta dalam rangkaian Mandiri Golf Tournament," ucapnya kepada awak media. 

Perbankan kata Sulaiman, terus berinovasi dalam memberikan manfaat bagi pemegang kartu kredit untuk mendorong peningkatan transaksi. “Melalui berbagai layanan tersebut, kami berharap transaksi kartu kredit dapat terus meningkat hingga akhir tahun ini sekitar 10 persen,” katanya.

Sulaiman menyebutkan hingga akhir September 2016 jumlah kartu kredit yang telah diterbitkan Bank Mandiri mencapai 4,2 juta kartu dan menyediakan lebih dari 290 ribu Electronic Data Capture (EDC). Sedangkan di Region Bali & Nusa Tenggara, jumlah kartu kredit yang sudah diterbitkan mencapai 67.471 kartu.

"Dengan cash, duit tidak terkontrol. Sebetulnya potensi non tunai masih besar. Kalau untuk di kota-kota bisa dikatakan sudah tinggi penggunaan non tunai melalui kartu kredit. Kalau di Bali pengguna kartu kredit lebih banyak gold yang rata-rata limitnya Rp40 juta. Limit disesuaikan dengan penghasilan," jelasnya.