Diposting : 12 May 2018 14:36
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Pantai Gili Trawangan
Keterangan Gambar: 
TERUMBU KARANG -- Didampingi sejumlah perwira, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE., MAP., meninjau lokasi transpalatasi terumbu karang berupa kerangka kapal di perairan Pantai Gili Trawangan, Lombok, Mataram, NTB.

BALI TRIBUNE - Sebelum menutup pelaksanaan “3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018” yang berlangsung selama sepekan (4-9 Mei 2018), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE., MAP., meninjau lokasi  transpalatasi terumbu karang berupa kerangka kapal yang ditenggelamkan sehari sebelumnya oleh para prajurit TNI AL di perairan Pantai Gili Trawangan, Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peninjauan dengan cara melaksanakan penyelaman di lokasi, di mana kerangka kapal tersebut ditenggelamkan. Sebelumnya, sejumlah prajurit TNI AL melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang dengan penenggelaman kerangka kapal yang dipimpin Asisten Pembinaan dan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE., MM.

Kegiatan itu merupakan salah satu agenda  dalam rangka MNEK 2018 yang merupakan kegiatan latihan bersama (latma) bersekala internasional yang digelar oleh TNI AL. Pada pelaksanaannya tahun ini merupakan latma ketiga kalinya, setelah kegiatan serupa digelar di Batam, Anambas, dan Natuna, juga di Padang dan Mentawai.

MNEK 2018 diikuti oleh sekitar 5.500 personel Angkatan Laut dari 36 negara dengan melibatkan 55 kapal perang dan 30 pesawat udara (pesud). MNEK 2018 tahun ini mengangkat tema “Cooperation to Respons Disaster and Humanitarian Issues“ (Kerja Sama dalam Menanggulangi Bencana dan Masalah Kemanusiaan).

Turut hadir dan ikut serta dalam pelaksanaan peninjauan terumbu karang bersama Kasal antara lain, para pejabat utama Mabesal, sejumlah pemimpin Kotama Angkatan Laut, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, serta beberapa pejabat VVIP terkait lainnya.