Diposting : 21 July 2017 17:27
redaksi - Bali Tribune
Kebakaran
Keterangan Gambar: 
PADAMKAN- Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem berusaha memadamkan api kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kubu.

BALI TRIBUNE - Warga di Banjar Dinas Kubu, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (20/7) siang, dibuat panik oleh kobaran salah satu lahan gambut kebun milik warga. Sejumlah warga yang melihat kobaran api dan semakin mendekat ke wilayah permukiman berhamburan menuju titik api, berusaha memadamkannya dengan peralatan seadanya, mengingat di wilayah tersebut sangat sulit untuk mendapatkan air.

Anggota polisi di Polsek Kubu juga dibuat kaget dan langsung menuju kelokasi bersama anggota dari Koramil Kubu untuk membantu warga memadamkan api setelah sebelumnya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem untuk meminta bantuan. Beberapa saat kemudian, enam unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan langsung berusaha memadamkan sisa kobaran api yang sudah sempat meluas dan nyaris sampai kerumah warga.

Kapolsek Kubu, AKP Made Suadnyana, kepada wartawan, Kamis kemarin mengaku pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk pemadaman. “Anggota langsung kita terjunkan untuk membantu melakukan pemadaman juga dibantu oleh anggota dari Koramil Kubu,” tegas Kapolsek.

Diakuinya titik api memang sempat menyebar atau merembet karena yang terbakar tersebut adalah semak dan ilalang yang sudah mengering. “Bersama dengan masyarakat dan petugas pemadam kebakaran, kita melakukan penanganan dengan membuat sekat agar api tidak terus merembet,” tandasnya.

Setelah berjibaku selama hampir dua jam, api akhirnya berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa atau kerugian material akibat kejadian tersebut sementara luas lahan yang terbakar sekitar 60 are. Dan hingga saat ini sumber api yang menyebabkan terjadinya kebakaran lahan itu belum diketahui.