Diposting : 23 August 2018 23:25
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Suasana pemotongan hewan Qurban di Posko Relawan De Gadjah.
BALI TRIBUNE - Dihari Idul Adha yang dikenal kebanyakan bagi umat Muslim sebagai hari Qurban begitu hikmat dirayakan di berbagai wilayah di Bali.
 
Itu juga dapat dilihat diwilayah Munang-Maning Denpasar. Khususnya di Posko Relawan De Gadjah dan diwilayah Jalan Kalimutu.
 
Banyak hal yang menarik dari perayaan hari Qurban di dua tempat ini. Dimana umat Hindu dan Muslim berbaur menjadi satu untuk membantu memotong hewan Qurban.
 
Bahkan dari sebagian hewan qurban kambing di Posko Relawan De Gadjah juga disumbangkan dari warga Hindu Bali yang menjadi Relawan De Gadjah.
 
"Kita di relawan De Gadjah rutin melakukan kegiatan ini setiap perayaan Idul Adha. Begitu juga sebaliknya saat perayaan Galungan. Untuk hari Idul Adha kali ini, Relawan De Gadjah melakukan qurban sebanyak 17 ekor kambing," Singkat Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah.
 
Suasana sangat harmonis juga dirasakan di wilayah Kalimutu Monang-Maning. Setidaknya di tempat ini ada beberapa titik pemotongan hewan Qurban.
 
Secara keseluruhan dari data panitia hewan Qurban di wilayah Kalimutu menyebut ada 35 ekor kambing dan enam ekor sapi yang di qurbankan.
 
Kemeriahan juga terlihat di Masjid Al Hikmah Joglo, Banjar  Batu Bolong, Desa Padangsambian Klod. Di Masjid ini, disembelih sedikitnya 43 hewan kurban yang terdiri dari 9 ekor kurban sapi dan 34 ekor kurban kambing.
 
Ketua Yayasan Masijdi Al Hikmah Joglo, H. Maskuron megatakan bahwa pada perayaan kurban tahun ini, di Masjid Al Hikmah Joglo telah dilaksanakan sholat Id di pagi hari yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.
 
Sementara itu, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Denpasar, telah turun ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban. Pengecekan ini turut menyasar para pedagang hewan, 179 masjid dan mushola yang berada di Kota Denpasar.  
 
Selaku Kepala Dinas, I Gede Ambara Putra mengatakan semua pihak agar selalu meningkatkan kordinasi, informasi dan edukasi agar pengolahan daging dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan sanitasi yang ada, serta kepada konsumen agar tidak mengkonsumsi daging mentah (belum dimasak), sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam mengkonsumsi daging saat perayaan kurban Idul Adha ini.Selain itu, pada perayaan Idul Adha tahun ini Distan Kota Denpasar dibantu 150 mahasiswa kedokteran hewan dari Universitas Udayana.