Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 10 July 2018 23:49
habit - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
JUARA UMUM - PPS Kertha Wisesa juara umum Kejurnas "USM Pencak Silat Championship 2018" di Gelora Prof. Sudarso di Universitas Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.
BALI TRIBUNE - Perguruan Pencak Silat (PPS)  Kertha Wisesa Bali keluar sebagai juara umum Kejurnas USM Pencak Silat Championship 2018 di Semarang, Jawa Tengah setelah meraih 29 emas, 7 perak dan 9 perunggu.
 
"Semoga kita semua bisa mengharumkan nama perguruan Kertha Wisesa dan daerah Bali, astungkara," ujar Ketua Umum Perguruan Kertha Wisesa Bali, AA Bagus Adhi Mahendra Putra melalui selulernya dari Semarang, Minggu (8/7) malam.
 
Seperti diketahui PPS Kertha Wisesa Bali mengirim 48 atlet untuk berlaga dalam kejurnas USM Pencak Silat Championship 2018 di Gelora Prof. Sudarso Universitas Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Kejuaraan pencak silat tingkat nasional antar pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa ini digelar serangkaian Diesel Natalies ke-31 Universitas Semarang  digelar Jumat hingga Minggu (6-8 Juli 2018).
 
Dari total 48 atlet yang dikirim PPS Kertha Wisesa Bali, di antaranya kategori usia dini SD 15 orang, SMP 15 orang, SMA 13 orang, laga dewasa dikirim mahasiswa 3 orang dan kategori seni tunggal 2 orang. Para atlet ini didampingi 20 pelatih  bertolak dari Bali, Selasa, 3 Juli lalu.
 
Mereka bersaing dengan lebih dari 600 atlet pencak silat dari berbagai perguruan pencak silat seluruh Indonesia. "Ini target prestasi dan perolehan medali yang membanggakan dan hendaknya semangat dan prestasi terus ditingkatkan," tandas  Ketum.
 
Diakuinya, keikutsertaan di kejuaraan ini dijadikan sebagai ajang try out untuk menjajal kekuatan para atlet menghadapi atlet luar Bali juga menjadi wahana mempromosikan nama PPS Kertha Wisesa ke publik nasional, namun prestasi yang diraih sangat luar biasa.
 
"Harapannya ke depan nama PPS Kertha Wisesa semakin bergaung hingga ke seluruh penjuru nusantara dan nantinya bisa kita buka perguruan di sejumlah provinsi di luar Bali," tegas Gus Adhi yang juga anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar itu.
 
Gus Adhi terus memompa semangat para atlet sembari berharap mereka tetap memiliki jiwa pejuang dan spirit "puputan" dalam meraih prestasi di kejurnas ini.  "Para atlet telah memberikan kebanggaan pada para leluhur dan pendiri Kertha Wisesa dan menjaga nama besar perguruan," tukasnya. 
 
Di bawah kepemimpinan Gus Adhi, PPS Kertha Wisesa memang terus berbenah dan melakukan berbagai terobosan. Salah satu yang menjadi fokus dan prioritas adalah peningkatan kuantitas keikutsertaan dalam berbagai kejuaraan baik tingkat lokal maupun nasional. Diagendakan minimal dua kali setahun, para atlet dikirim untuk mengikuti try out atau kejuaraan ke luar Bali.