Diposting : 15 March 2019 23:22
habit - Bali Tribune
Bali Tribune/yan Penilaian Tim dari Pusat terhadap Kelurahan Kesiman

Denpasar | Bali Tribune.co.id - Upaya yang konsisten dan berkelanjutan dalam mempromosikan kesehatan melalui pemanfaatan dan menjaga Lingkungan yang Bersih dan Sehat (LBS) serta pemanfaatan dari pada tanaman obat keluarga (TOGA), menghantarkan Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur, maju dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ketingkat Nasional mewakili Provinsi Bali.

Jumat, (15/3) bertempat di Tukad Bindu, Kelurahan Kesiman dinilai dan diverifikasi oleh dua Tim Kementrian Pusat, yakni Kementrian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri RI, yang disambut langsung Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara. Dalam kesempatan tersebut, Rai Iswara mengatakan kesehatan merupakan salah satu faktor amat penting untuk menjadikan sumber daya manusia berkualitas, produktif dan inovatif.

Selama ini pemerintah telah mencanangkan gerakan pembangunan berwawasan kesehatan yang dilandasi paradigma sehat. Bidang pengobatan khususnya pengobatan alternatif yang merupakan mitra bagi kedokteran modern menjadi salah satu promosi kesehatan melalui pemanfaatan obat-obatan alami yang berasal dari tumbuh dan dikemas dalam bentuk kapsul, sirup maupun lainya senantiasa dikembangkan di Kota Denpasar.

Sementara, Ketua Tim Penilai Kementrian Kesehatan RI, Donal Simanjuntak, mengapresiasi apa saja yang telah dilakukan PKK bersama Pemkot Denpasar selama ini dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Di mana Kota Denpasar berhasil mewakili provinsi bali dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ketingkat Nasional, serta kota yang paling aktif mengikuti kegiatan lomba di tingkat nasional.

Kota Denpasar khususnya Kelurahan Kesiman sudah masuk dalam nominasi untuk di kunjungi terkait Lingkungan bersih dan sehat. “Denpasar sudah masuk nominasi dalam LBS dan sebelum kami datang verifikasi lapangan, tentunya laporan data sudah kami nilai terlebih dahulu dan LBS merupakan salah satu visi dan misi Presiden RI yang tertuang di dalam RPJM tahun 2015-2019,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Donal mengatakan, salah satu prioritas pembangunan nasional adalah kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera, sehingga perlu diupayakan penduduk yang tumbuh seimbang, keluarga sadar kesehatan, dan masyarakat berdaya sejahtera. “Hal ini sangat terkait dengan kegiatan Lomba LBS ini” tegasnya. yan