Kemenpar Gandeng Artis Tiongkok | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 Maret 2024
Diposting : 9 August 2016 13:06
ayu eka - Bali Tribune
pariwisata
Christy Chung (tengah) saat temu media di Badung, Sabtu (6/8).

SETELAH menggandeng salah satu travel online terbesar di Tiongkok, kini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggandeng artis asal negeri tirai bambu, Christy Chung, untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia di Tiongkok.

Direktur Deputi Pemasaran Internasional Kementerian Pariwisata RI, Taufik Nurhidayat, mengatakan langkah ini sangat efektif untuk menarik minat warga Tiongkok tersebut berwisata ke Indonesia termasuk Bali dan destinasi lainnya di tanah air. “Langkah ini sangat efektif. Kita bisa lihat dari bulan ke bulan ada kenaikan terus dari kedatangan wisman Tiongkok. Sebelumnya kita sudah pakai endorser tapi bukan dari artis melainkan penulis, juga ada Biksu yang punya pengikut. Kita harapkan (kedatangan) dari pengikut-pengikutnya ini,” ungkapnya saat temu media bersama Christy Chung di Badung.

Dia menyatakan langkah seperti ini tidak hanya berlaku untuk pasar Tiongkok saja juga semua pasar. Harapannya, target dua juta wisatawan bisa tercapai. “Kebetulan tahun ini fokusnya lebih ke Tiongkok karena jumlah penduduknya besar, kedua outboundnya juga besar. Ketiga karena perekonomian mereka relatif baik dan adanya kemudahan aksesibilitas penerbangan serta bebas visa,” urai Taufik. Cara kerjanya, artis tersebut akan mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia melalui film/video saat melakukan perjalanan dan menikmati keindahan Indonesia.

Video yang diambil, kata dia, akan dimasukan ke media sosial artis tersebut sehingga bisa dilihat oleh jutaan pengikutnya. Dengan demikian target kunjungan sebanyak 2,1 juta wisman Tiongkok ke Indonesia diharapkan akan terpenuhi. “Biasanya pengikutnya bertanya di mana tempatnya. Sekarang kan yang paling ampuh promosi kan via medsos. Kalau artis ini kan sudah pasti banyak pengikutnya di medsos. Mereka pengikutnya di atas 25 juta orang,” paparnya. Artis itu memiliki banyak follower sehingga tepat dipilih untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Artis atau publik figur biasanya sudah punya pengikut. biasanya kalau dia (artis/publik figur) main di suatu tempat biasanya pengikutnya juga ingin ke situ. Ini yang terjadi dengan bintang film India juga, di mana artisnya main pasti ikut ke situ,” lanjutnya. Christy Chung selama beberapa hari berada di Bali, Pulau Komodo dan destinasi wisata lain di Indonesia untuk berwisata serta pengambilan video bersama suami dan anak-anaknya. Melalui video tersebut, Christy memperlihatkan keindahan alam Indonesia kepada teman-temannya, keluarga dan warga Tiongkok.

Kepada awak media, Christy mengaku sangat menikmati atraksi wisata di Indonesia terutama wisata bahari dan menjelajah di tempat tinggal satwa langka komodo. “Saya senang berada di Bali dan saya akan mengajak keluarga serta orang-orang Tiongkok untuk datang ke Bali dan Indonesia. Saya merasa Bali adalah rumah kedua,” ujar Christy. Dia juga mengaku sangat terkesan dengan keindahan Bali yang merupakan bagian dari pesona Indonesia. Dengan video promosinya, Christy menargetkan untuk mendatangkan lebih dari tiga juta warga Tiongkok ke Indonesia.