Diposting : 30 May 2017 18:51
Bernard MB - Bali Tribune
BKKBN
Keterangan Gambar: 
BKKBN Bali saat beraudiensi ke TP PKK Bali.

BALI TRIBUNE - Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Provinsi Bali XXIV akan dilangsungkan pada 21 Juni mendatang. Tahun ini, peringatannya akan dipusatkan di tempat wisata Taman Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, di mana akan dipadukan dengan peringatan HUT Kota Amlapura yang ke-377. Untuk menyukseskan kegiatan yang rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika tersebut, Kamis (18/5) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, IB. Wirama, SH., MKes. pun melangsungkan audiensi ke Bupati Karangasem.

Sehubungan dengan pelaksanaan Harganas tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, IB Wirama, S.H., M.Kes melaksanakan Audiensi ke Ketua TP. PKK Provinsi Bali selaku Ketua Panitia Harganas XXIV Provinsi Bali. Pada kesempatan tersebut, IB Wirama menyampaikan rencana rangkaian pelaksanaan Harganas.

 “Secara nasional, Harganas ini diperingati pada tanggal 15 Juli di Lampung dan akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo. Saat itu juga akan dilangsungkan kegiatan gelar dagang. Tapi untuk di Bali, kegiatan rencananya akan dilaksanakan pada 21 Juni 2017 agar beriringan dengan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Amlapura,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, tak hanya kegiatan gelar dagang, puncak Harganas di Bali juga akan diperingati dengan kunjungan ke panti jompo, bakti sosial, serta gerak jalan sehat. “Untuk tahun ini lokasinya memang di Karangasem, karena pemilihannya berdasarkan giliran. Nanti juga akan dimeriahkan dengan kunjungan ke panti jompo, bakti sosial, serta gerak jalan sehat di samping mensosialisasikan program-program BKKBN,” imbuhnya.

Pada kegiatan audiensi tersebut disepakati pelaksanaan Jalan Santai dalam rangkaian Harganas XXIV, dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2017 bertempat di Kabupaten Karangasem. "Pelaksanaan Jalan santai yang pada peringatan Harganas sebelumnya dilaksanakan di Provinsi Bali, tahun ini kami kemas berbeda. Pelaksanaanya akan kami lakukan di Kab. Karangasem, selaku tuan rumah Harganas XXIV tahun 2017, dengan harapan bisa langsung menyasar ke keluarga yang ada di Karangasem. Untuk itu kami mohon kehadiran Bapak dan Ibu Gubernur pada acara tersebut," ujarnya.

Ketua TP PKK Bali, Ayu Pastika menyambut baik kegiatan tersebut dan sangat mendukung kegiatan yang langsung menyasar ke keluarga. Dirinya berjanji, akan memberikan dukungan sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan sukses. "Ya saya sangat mendukung kegiatan Harganas ini. Dan kapan pun saya dihubungi, saya siap," ucapnya.

Pada  kesempatan itu pula, Ayu Pastika menyampaikan berkaitan dengan program KB di Provinsi Bali, khususnya mengenai Usia Ideal Perkawinan. "Saya terkejut ya, pernah saya ke daerah Karangasem, saya liat anak kecil bawa anaknya, saya pikir itu adiknya, ternyata itu anaknya. Langsung lah saya duduk gelar koran untuk mensosialisasikan usia kawin ideal, supaya tidak diikuti oleh ibu-ibu yang lain," ungkapnya

Disela-sela wawancara berkaitan dengan Harganas, Ayu Pastika terus menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari Pernikahan Dini.