Bali Tribune, Jumat 20 April 2018
Diposting : 15 August 2016 14:38
Arta Jingga - Bali Tribune
pemkab
Keterangan Gambar: 
KUKUHKAN - Bupati Tabanan Eka Wiryastuti, Minggu (14/8), mengukuhkan Paskibraka HUT ke 71 RI tahun 2016.

Tabanan, Bali Tribune

Upacara peringatan HUT ke-58 Provinsi Bali dilangsungkan di dalam Gedung Lapangan Tenis Dangin Carik, Tabanan, Minggu,(14/8) pagi, dipimpin oleh Inspektur Upacara yang juga Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, unsur Muspida, Anggota DPRD Tabanan, Sekretaris Daerah Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa dan SKPD di Lingkungan Pemkab Tabanan.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Tabanan mengatakan, peringatan hari jadi Provinsi Bali hari ini, bagi seluruh komponen masyarakat Bali, merupakan momentum historis untuk mengenang peristiwa pembentukan Provinsi Bali 58 tahun lalu, serta memahami dinamika perjalanan kehidupan bermasyarakat. Sementara bagi Pemerintah Daerah, peringatan ini merupakan momentum untuk melaksanakan evaluasi pelaksanaan program pembangunan secara meyeluruh. “Saya berharap peringatan ini menjadi suatu momentum yang mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bali,” katanya.

Upacara Bendera HUT Provinsi kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-55 Pramuka. Melalui Hari Pramuka kali diharapkan mampu memantapkan komitmen membangun gerakan kepanduan sebagai integral dari pembangunan generasi muda Bali. “Pendidikan kepramukaan merupakan pendidikan non-formal, yang bertujuan membentuk karakter kepribadian pemuda sebagai generasi penerus bangsa,” tambah Bupati Eka.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Eka Wiryastuti juga mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) serangkaian HUT ke 71 RI tahun 2016. Paskibraka yang dikukuhkan berasal dari SMA/SMK di Tabanan. Mereka diharapkan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mensukseskan pelaksanaan peringatan ke 71 tahun detik-detik Proklamasi RI tahun ini. 

Mereka yang tergabung dalam Paskibraka tahun ini, sudah melalui seleksi sangat ketat oleh tim yang sudah dibentuk oleh panitia sebelumnya. Mereka sudah mendapatkan latihan secara rutin dan dibimbing oleh tim pelatih yang sudah dibentuk dari Polres dan Kodim 1619 Tabanan. Dengan tempaan tim pelatih tersebut, selain mereka trampil juga memiliki dedikasi dan disiplin yang tinggi, sehingga mereka bisa melaksanakan tugas yang diberikan dengan maksimal.

Bupati Eka Wiryastuti di hadapan pasukan Paskibraka mengungkapkan, tugas yang diemban Paskibraka sangat berat, namun mulia. Yang terpenting dipahami, mereka yang bisa masuk kedalam jajaran Paskibraka, mendapatkan kepercayaan. Kepercayaan yang diberikan tersebut diharapkan agar bisa diemban dengan penuh tanggung jawab.