Diposting : 28 June 2017 20:04
Made Ari Wirasdipta - Bali Tribune
Barack Obama
Keterangan Gambar: 
Obama dan keluarga saat Rafting di Bongkasa Badung.

BALI TRIBUNE - Antusias masyarakat dalam menyambut kedatangan mantan presiden AS ke 44 Barack Obama di Bali tidaklah seperti saat rombongan Raja Salman berlibur beberapa bulan lalu. Bahkan selama liburan lima hari tidak memuat warga tercengang, hanya saja pengamanan yang super ketat dari TNI juatru membuat warga antipati.

Selama lima hari di Bali, Obama yang memboyong keluarganya sebanyak 14 orang itu menginap di Ubud Gianyar. Tidak hanya kunjungan di seputaran Ubud dan Jatiluwih Tabanan, namun derasnya sungai di Bongkasa Badung juga jadi pilihan Obama untuk main rafting sehari sebelum dirinya meninggalkan Bali.

Hanya saja warga tidak bisa melihat dari dekat mantan presiden AS pecinta kuliner Nasi Goreng khas Indonesia itu. Untuk alasan demi keamanan, pihak petugas menutup usaha rafting yang terletak di Banjar Karangdalam satu, desa Bongkasa Pertiwi, Badung.

Pengawasan dan penjagaan yang dilakukan terhadap Obama dan keluarga saat itu sangat super ketat. Bahkan setiap aliran sungai yang dilalui untuk rafting dijaga petugas berseragam loreng.

Tidak hanya itu, aktifitas wisatawan yang akan menikmati rafting terpaksa distop sementara. “Maaf sementara belum bisa turun. Tunggu satu jam lagi,”kata salah seorang petugas kepada wisatawan.

Menuju sungai tersebut terlihat wisatawan menunggu untuk menuju lokasi. Obama tiba menikmati rafting pada Senin (26/6) lalu selama kurang lebih 3 jam, mereka tiba di lokasi tersebut sekitar pukul 11.10 Wita.

Sementara itu salah satu wisatawan asal Surabaya, Niken mengatakan, tidak bisa langsung turun petugasnya mengatakan ada orang penting. “Tadi kita disuruh menunggu dulu. Tidak bisa langsung menuju sungai, mereka bilang ada orang penting,”katanya.

Pemilik usaha rafting di Banjar Karangdalam Satu, desa Bongkasa Pertiwi, Badung di Bali tidak menyangka akan kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan keluaganya menikmati main rafting.

Dikatakan Nyoman Aryati pemilik Desa Rafting mengatakan, tidak menyangka mendapatkan tamu agung. Kendati demikian dirinya tidak pernah memerintahkan kepada karyawannya untuk menutup bagi wisatawan lainnya saat ada obama datang.

Kata dia, soal ketatnya pengamana itu kebijakan dari pihak petugas. Dia juga mengatakan, dari start sampai finish jaraknya 10 KM dengan jarak waktu tempuh selama dua jam.”Kira-kira dari start beliau jalan sampai finish itu jaraknya 10 Km. Disini hampir tiga jam an,” terangnya.

Dia menyatakan, bahwa Obama langsung turun di Four Seasons Resort tempat mantan orang nomer satu di Amerika Serikat tersebut. “Ya beliau langsung turun ditempat dia menginap. Memang kami juga ada kerjasama dengan pihak resort,”ujarnya.

Dia menjelaskan, Obama saat rafting memakai baju warna putih celana pendek warna hitam dan pakai sandal. “Beliau tadi kelihatan santai. Pakai baju kaos warna putih,”pungkasnya.