Diposting : 19 March 2018 14:47
I Made Darna - Bali Tribune
ogoh-ogoh
Keterangan Gambar: 
PARADE-Ketua DPRD Badung, Putu Parwata meresmikan patung catur muka yang ada di Catus Pata Perumahan Dalung Permai dengan menandatangani prasasti sekaligus membuka parade ogoh-ogoh di Dalung Permai
BALI TRIBUNE - Untuk memeriahkan hari raya Pengerupukan, 18 seka teruna dari 18 Banjar yang ada di perumahan Dalung Permai, Jumat(16/3) melaksanakan parade ogoh-ogoh di Catus Pata kawasan Dalung Permai. Parade ogoh-ogoh tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Badung, Putu Parwata sekalingus meresmikan patung catur muka yang ada di Catus Pata Perumahan Dalung Permai dengan menandatangani prasasti.
 
Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh warga Dalung Permai. Hal ini menunjukkan rasa kebersamaan sesama warga walaupun di perumahan Dalung Permai masyarakatnya heterogen. “Masyarakat Dalung Permai sangat menjaga pluralisme ini menunjukkan bahwa masyarakat Dalung Permai hidup dengan damai,”ujarnya.
 
Lebih lanjut Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungungan terhadap program pemerintah Kabupaten Badung dalam pelestarian agama seni adat dan budaya. Pemerintah Kabupaten Badung juga sangat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian seni adat dan budaya, hal itu ditunjukkan dengan memberikan bantuan dana untuk penyediaan sarana dan prasarana kegiatan di masing-masing banjar. “Kedepan kami beeharapkan kegiatan parade ogoh-ogoh ini terus dilaksanakan setiap tahun dengan berbagai inovasi baru,”terangnya.
 
Dari informasi yang dihimpun, ada sebanyak 18 ogoh-ogoh mengikuti parade ini dengan melintasi rute di disepanjang jalan Dalung Permai dan mengelilingi catus pata yang diiringi oleh beleganjur dan menampilkan berbagai judul cerita dan bermacam karakter ogoh-ogoh. Masing-masing kelompok peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk tampil.
 
Masyarakat pun cukup antusias menyaksikan parade ogoh-ogoh ini. Tampak pula para pecalang dan pihak kepolisian ikut mengamankan jalannya parade ogoh-ogoh di Dalung Permai.