Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 21 June 2017 19:17
Ketut Sugiana - Bali Tribune
pendidikan
Keterangan Gambar: 
SOSIALISASI - Peserta sosialisasi pendidikan keluarga dibuka Bupati Suwirta.

BALI TRIBUNE - Dalam rangka memberikan layanan pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan informal yang lebih merata, bermutu, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Keluarga.

Sosialisasi ini dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Drs Dewa Gede Darmawan beserta undangan terkait, di Aula SMAN 2 Semarapura, Selasa (20/6).

Kepala Bidang Pembinaan pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non formal Drs I Made Sukada selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyatakan, tujuan sosialisasi ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala satuan pendidikan, tentang penyelenggaraan pendidikan keluarga di satuan pendidikan. Kegiatan sosialisasi Pendidikan Keluarga dilaksanakan selama 1 hari per angkatan yang bertempat di SMA Negeri 2 Semarapura. Angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2017 dengan jumlah peserta 128 orang, dan angkatan kedua dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2017 dengan jumlah peserta 128 orang.

Sasaran kegiatan sosialisasi pendidikan kelularga ini terdiri dari 256 orang Kepala Sekolah diantaranya Jenjang TK sebanyak 124 orang, jenjang SD 114 Orang, dan jenjang SMP sebanyak 18 Orang. Anggaran Kegiatan Sosialisasi berasal dari dana DIPA Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Tahun 2017.

Bupati Klungkung dalam sambutannya mengharapkan agar guru ketika di sekolah lebih banyak mengajak daripada melarang siswa.Menariknya sebelum acara dibuka Bupati mengingatkan para peserta untuk flas back kejaman orde baru dimana saat itu gencar pendidikan moral pancasila yg dikemas dengan P4 yang diperas menjadi 36 butir.Kemudian bupati Suwirta meminta  memutar lagu gema santhi untuk menggugah peserta untuk mampu berkreasi yang santun dan kreatif.

Bupati Suwirta juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Klungkung Dewa Gede Darmawan untuk mencari Keluarga teladan di bidang pendidikan keluarga yang nantinya akan dijadikan motivator untuk memotivasi keluarga lain tentang pendidikan keluarga.

Kepada para kepala sekolah yang hadir pada sosialisasi ini Bupati Suwirta menyatakan harus bisa menjadi pionir untuk pendidikan keluarga. Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam kaitannya dalam mewujudkan pendidikan keluarga, terus berusaha dengan memberikan ruang kepada guru dan murid dalam berinovasi dalam mendidik para siswa untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik.