Diposting : 8 November 2018 10:56
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Gede Suadi
BALI TRIBUNE - Untuk menghadapi Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan September tahun depan, KONI Kabupaten Karangasem telah mengajukan anggaran melalui APBD senilai Rp 11,5 miliar. Dana senilai itu selain untuk keperluan persiapan porprov juga untuk dana pembinaan kepada cabang-cabang olahraga yang dinaunginya.
 
“Saya optimistis usulan tersebut disetujui karena perhatian eksekutif dan legislatif untuk kemajuan olahraga di Karangasem begitu tinggi,” ujar Ketua Umum KONI Karangasem, Gede Suadi ditemui di Gedung KONI Bali seusai rapat koordinasi bersama KONI seluruh kabupaten/kota dengan KONI Bali, Rabu (7/11).
 
Menurut Suadi Pemkab Karangasem dan DPRD Karangasem sangat positif dengan memberikan sinyal positif atas keikutsertaannya pada Porprov Bali. Ia menambahkan, saat Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar, pihaknya digelontor dana senilai Rp 7, 650 miliar.
 
“Saat Porprov Bali di Gianyar tahun lalu kontingen Karangasem sebanyak 397 atlet dan ofisial, dan diprediksi untuk Porprov Bali di Tabanan tahun depan kekuatan kami tidak jauh beda meski kami akan lebih selektif,” katanya.
 
Pda prinsipnya versinya, di Porprov Tabanan nantinya Karangasem bakal meminimkan jumlah atlet yang turun, namun mampu meraih prestasi maksimal. Jika di Porprov Gianyar Karangasem menempati ranking 7 dengan 13 emas, maka di Tabanan setidaknya paling buruk tetap di ranking yang sama. Dan ranking itu juga yang ditempati Karangasem ketika di Porprov Buleleng silam.
 
“Kalau sebelumnya Tabanan juga bagian dari rivalitas kami, namun pastinya sebagai tuan rumah nantinya, dari sisi kewajaran, jelas Tabanan posisinya bakal meningkat. Jadi kini Karangasem harus bersaing ketat untuk menaikkan ranking, dengan rival Jembrana, Bangli dan Klungkung,” tegasnya.
 
Lantas berapa cabang olahraga (cabor) yang bakal diikuti di Porprov Bali XIV/2019, Suadi mengutarakan bakal meningkat dari 21 cabor yang diikuti saat Porprov Gianyar silam.
 
“Persiapan awal kami lakukan sampai akhir November ini setidaknya kami telah memiliki data lengkap soal cabor yang proyeksi turun di Porprov Tabanan dan jumlah atlet. Desember Pembentukan tim bayangan,” pungkasnya.nom