Diposting : 13 June 2019 14:52
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Bali Tribune/ Petinggi KONI Tabanan saat memaparkan digelarnya TC Sentralisasi atlet Porprov Bali.
balitribune.co.id | Tabanan - Tuan rumah Porprov Bali XIV/2019 Tabanan mulai menggelar Training Camp (TC) sentralisasi bagi atlet dengan anggaran Rp 1.291.884.000.
 
Sekretaris KONI Tabanan, I Made Nurbawa menjelaskan TC atau pemusatan latihan bertujuan agar seluruh kontingen fokus menuju porprov dengan pola dan standar pelatihan terarah. "Dengan volume pelatihan minimal 48 kali selama 3 bulan yakni mulai bulan Juni hingga Agustus," ujarnya Rabu (12/6).
 
Menurutnya TC juga dilakukan untuk menjaring lebih ketat kesiapan dan prestasi atlet sebelum ditetapkan menuju Porprov. Begitu juga sarana dan prasana pelatihan yang sudah dikondisikan seperti Pelaksanaan Porprov. "Seluruh Kontingen yang jumlahnya mencapai 714 orang melaksanakan TC di tempat pelatihan masing-masing cabor, atau ditempat lain sesuai kebutuhan cabor. Pelatihan juga bisa dilakukan diluar daerah (Try Out,Red)," paparnya.
 
Melalui TC sangat mungkin ada atlet yang terdegradasi sehingga disamping aspek fisik selama TC juga diberikan tentang pendalaman strategi, motivasi dan penguatan mental. Selain itu manager cabor wajib melaporkan proses dan perkembangan pelatihan dan akan dimonitoring secara berkala oleh KONI yang dikoordinir oleh Koordinator Kontingen Tabanan di Porprov.
 
Adapun biaya dalam penyelenggaraan TC sentralisasi tersebut KONI Tabanan menganggarkan dana Rp 1.291.884.000. Dimana jumlah itu sudah termasuk dalam program try out maupun try in. Namun besaran anggaran yang diberikan untuk 36 cabor yang mengikuti sentralisasi tersebut, nominalnya berbeda, tergantung dari keperluan cabor itu sendiri, terutama soal fasilitas atau alat penunjang latihan.
 
"Jadi cabor yang menggunakan alat dalam latihannya harus dioptimalkan, karena hal itu berhubungan dengan pengeluaran dana lebih. Sehingga harus dimanfaatkan semuanya dengan bagus, serta TC dijalankan cabor harus maksimal dan optimal,” sambungnya.