Bali Tribune, Selasa 21 November 2017
Diposting : 25 April 2017 19:26
Ketut Sugiana - Bali Tribune
pelepasan
Keterangan Gambar: 
DILEPAS - Kontingen KTNA dilepas Bupati Suwirta, Seninh (24/4).

BALI TRIBUNE -Kontingen Pekan Nasional (Penas) ke XV Tahun 2017 Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Klungkung dilepas oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Pelepasan kontingen disaksikan Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta di wantilan Rumah Dinas Bupati Klungkung, Senin (24/7).

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Kade Arga menyampaikan, peserta Penas KTNA Kabupaten Klungkung berjumlah 10 orang dan 7 orang pendamping. Seluruh kontingen ini akan mengikuti Penas KTNA ke-15 tahun 2017 selama Tujuh (7) hari, mulai 6 s/d 11 Mei di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Menurut Kade Arga, Penas KTNA merupakan wahana tukar menukar informasi dan pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama para petani dan nelayan dalam sekala nasional. Melalui kegiatan ini dapat membangkitkan semangat, tanggungjawab dan kemandirian pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. “Tujuan umumnya adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani nelayan dan hutan serta masyarakat pelaku agribisnis yang berdaya saing,” ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta kontingen Kabupaten Klungkung ini dapat mengikuti semua agenda Penas KTNA dengan baik. “Saya ingin setelah mengikuti kegiatan tersebut ada laporan dan hasilnya,” ujar Bupati Suwirta. Menurut Bupati, para peserta ini nantinya diharap mampu menggali pengalaman sebanyak-banyaknya dan berbagi ilmu dan potensi yang ada di Kabupaten Klungkung kepada peserta dari daerah lainnya. “Kita harus mengenalkan berbagai potensi yang ada di Klungkung,” pintanya.

Selain itu, beberapa inovasi terkait pertanian juga diharapkan dapat dikenalkan kepada para petani dan nelayan peserta Penas KTNA dari Provinsi lainnya. Salah satunya adalah inovasi beli mahal jual murah. “Kita punya inovasi beli mahal jual murah itu perlu dikenalkan,” sebutnya.