Bali Tribune, Senin 21 Mei 2018
Diposting : 21 August 2017 20:32
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Kornelis Kwangu Langu
Keterangan Gambar: 
Kornelis Kwangu Langu

BALI TRIBUNE - Petinju Bali yang membela Indonesia, Kornelis Kwangu Langu bakal menantang petinju Thailand, Thani Narinram, di kelas layang (49) kg SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia, di Mitec Hall Kuala Lumpur, Senin (21/8).

Menurut Ketua Harian Pengprov Pertina Bali, Harry Trimulia Putra yang turut hadir di Malaysia, petinju Thailand memang merupakan petinju yang bagus. Tapi di sisi pengalaman, Kornelis memiliki jam terbang tinggi di event-event nasional.

“Petinju Thailand memang umumnya bagus dari sisi fisik maupun teknik. Tapi Kornelis sendiri juga memiliki kondisi sama. Untuk dua faktor itu fifty-fifty, namun untuk pengalaman menghadapi petinju tangguh luar negeri, Kornelis masih lebih bagus,” jelas Harry, Minggu (20/8).

Petinju Bali peraih medali emas SEA Games Singapura dua tahun silam itu diakuinya sudah kerapkali menghadapi petinju tak hanya level Asia namun juga petinju dari Benua Eropa ketika mengikuti kejuaraan tinju internasional.

“Saya sudah meminta kepada Kornelis untuk tidak gegabah dalam menghadapi lawan, dan harus lebih tenang agar pukulan-pukulan yang dilancarkannya timingnya tepat dan akurat. Saya rasa untuk hal itu sudah merupakan taktik dan strategi Kornelis sendiri,” papar Harry.

Pria yang akrab disapa Harry Soto ini juga meminta kepada Kornelis untuk membaca kelemahan dan kekurangan lawan, yang bisa dijadikan senjata untuk menghabisi lawan. Emosi juga harus ditahan dan bisa mengambil peluang bagus saat menyarangkan pukulan.

“Kalau lawan Kornelis saya belum melihat gaya permainannya. Tapi saya optimistis Kornelis mampu mengatasi, karena Kornelis tahu bagaimana menghadapi tipikal lawan berbagai jenis,” demikian Harry Soto.