Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 1 August 2016 11:46
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
PKK
Keterangan Gambar: 
Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntari Tjahjo Kumolo menyerahkan Penghargaan Prakarti Utama I Nasional kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny IA Selly D Mantra.

Denpasar, Bali Tribune

Keberhasilan PKK Kota Denpasar dalam melaksanakan sepuluh program pokok yang telah disenergikan dengan program pemerintah mengantarkan Kota Denpasar meraih prestasi tertinggi tingkat nasional yakni Prakarti Utama 1 di bidang Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS). Prestasi ini diraih Kelurahan Sesetan dalam lomba LBS tingkat nasional yang bersaing dengan kota-kota di Indonesia beberapa bulan lalu.

iala dan penghargaan LBS diserahkan Sabtu (30/7) berkaitan dengan Hari Keluarga Nasional di Kota Kupang, NTT yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta beberapa Menteri Kabinet Kerja. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntari Tjahjo Kumolo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra.

Ditemui usai menerima penghargaan Ny. IA Selly mengatakan prestasi ini dipersembangkan untuk masyarakat Denpasar khususnya Kelurahan Sesetan. Mengingat prestasi yang diraih ini tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat Kelurahan Sesetan termasuk juga kaling/kadus, tokoh masyarakat, kader-kader PKK serta Lurah Sesetan beserta PKK Kelurahan Sesetan sampai pada tingkat kecamatan dan kota telah bergerak menyukseskan ini. “Prestasi ini diraih berkat kerja keras mereka semua. Untuk itu Saya mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya sehingga mencapai prestasi tertinggi tingkat nasional ini,” ujar Ny. IA Selly.

Lebih lanjut Ny. Selly menambahkan prestasi bidang kebersihan ini agar terus dipertahankan dan mendapat menjadi motivasi desa dan kelurahan lain melakukan hal yang sama di bidang kebersihan. Sehingga hal ini sangat sejalan dengan Program Pemerintah Kota Denpasar yang saat ini terus gencar berperang dengan sampah untuk mewujudkan Kota Denpasar yang bersih.

Ketua TP PKK Kelurahan Sesetan Ny. Sri Mahardika yang juga hadir dalam penerimaan penghargaan tersebut mengaku bangga mengingat masyarakat Kelurahan Sesetan dapat mempersembahkan yang terbaik bagi Kota Denpasar. Meski demikian, ia mengatakan ini merupakan tantangan kedepan untuk terus mempertahankan predikat terbaik ini di bidang kebersihan melalui program PKK.

Dalam puncak peringatan hari keluarga nasional tersebut tidak hanya prestasi bidang kebersihan yang diraih Kota Denpasar namun ada dua prestasi untuk pelayanan KB yang diraih yaitu Juara III Nasional metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) jalur pemerintah yang diraih Puskesmas I Denpasar Timur dan juara III pelayanan konseling reproduksi KB pasca persalinan dan keguguran yang diraih rumah sakit Prima Medika Denpasar.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti mengatakan inovasi Puskesmas I Denpasar Timur dalam pelayanan KB dengan salam KB serta stempel KB bagi mengikuti program KB telah mengatarkan untuk meraih pretasi ini.