Bali Tribune, Jumat 20 April 2018
Diposting : 6 December 2017 21:30
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
SATGAS Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-66 TNI AL melaksanakan misi kemanusiaan di Pulau We, Sabang, Aceh, sebagai daerah sasaran ke-4, terkait kegiatan bakti sosial (baksos), Senin (4/12).

BALI TRIBUNE - SATGAS Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-66 TNI AL melaksanakan misi kemanusiaan di Pulau We, Sabang, Aceh, sebagai daerah sasaran ke-4, terkait  kegiatan bakti sosial (baksos), Senin (4/12). Di antaranya, merenovasi Musholla Babul R, penyerahan bahan kontak, pelayanan kesehatan (yankes) di kapal rumah sakit (KRS) KRI dr Soeharso-990 dan yankes umum di Gedung Fasharkan, Sabang, penyerahan bahan kontak di Gereja GPIB, TK Pertiwi, dan MTs Negeri Sabang, juga penyuluhan di Aula Apker Ibnu Sina dan penyerahan paket pendidikan, penyuluhan kepada masyarakat di Aula SDN 3, dan baksos di Vihara Budha, Sabang.

Dalam yankes ini, meliputi pengobatan umum (1.772 pasien), gigi (190), poli THT (82), poli kulit (61), poli anak (24), penyekit dalam (73), poli mata/refraksi (225), poli bedah mayor (9), bedah minor (16), katarak (9), poli khitan (43), labolatorium (254), kebidanan (47), radiologi/rontgen (17). Total masyarakat Sabang yang mendapatkan pelayanan kesehatan sebanyak 2.886 orang, sedangkan pembagian sembako yang disalurkan sebanyak 1.011 paket.

Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes menjelaskan. untuk perlengkapan bahan kontak yang disumbangkan adalah paket sekolah yang terdiri dari, jam dinding, black/white board, spidol boardmaker, kapur tulis, sapu, alat pel lantai, serok, ember, dan penghapus. Sedangkan paket olahraga terdiri dari bola kaki, bola voli, bola takraw, bola basket, raket badminton, net voli, papan catur, dan meja tenis, serta sejumlah paket lainnya.

Pelaksanaan SBJ ke-66 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Sail Sabang 2017” dengan sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan sarana dan prasarana umum, yankes, penyerahan bahan kontak, penyuluhan kesehatan, hokum, dan potensi maritim, bela negara serta mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi pemerintah daerah dengan jajaran TNI AL.

“Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat, serta mewujudkan kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir/pantai dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan. Sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan,” jelas Dansatgas.

Penyelenggaraan Operasi SBJ ke-66/2017 ini merupakan hasil kerja sama TNI AL dengan Kementerian Kordinator Maritim, Kementerian Kesehatan, BKKBN, dan BPJS serta para donatur dan partisipan lainnya.

Secara terpisah, Komandan KRI dr.Soeharso-990 Letkol Laut (P) Alfred D Matthew, mengatakan, selama berada di Sabang, KRS terapung milik TNI AL KRI dr.Soeharso-990 ini juga mengadakan “open ship” bagi masyarakat umum dan siswa pelajar. Hal ini sebagai sarana pembelajaran, pengenalan, dan edukasi untuk lebih mendekatkan diri TNI AL dengan masyarakat yang berada di pulau-pulau terluar.

Masyarakat juga berkesempatan melihat kecanggilan sejumlah alutsista milik TNI AL, seperti 2 unit Heli yang terparkir di atas geladak, dan menjadi ajang selfie para pengunjung KRI dr Soeharso-990.