Bali Tribune, Rabu 22 November 2017
Diposting : 14 October 2017 12:39
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
 Pantai Balangan
Keterangan Gambar: 
Suasana di Pantai Balangan

BALI TRIBUNE - Pantai Balangan kini menjadi salah satu obyek wisata alternatif bagi wisatawan penggemar wisata pantai. Wisatawan baik domestik maupun mancanegara jika merasa bosan mengunjungi Pantai Sanur dan Kuta kerap mendatangi Pantai Balangan yang terletak di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kabupaten Badung.

Pantai Balangan ini letaknya sejajar dengan Pantai Dream Land, namun Balangan memiliki karakter yang berbeda dengan Dream Land. Pasir Pantai Balangan tidaklah sehalus pasir pantai lainnya. Menurut penuturan petugas retribusi di Pantai Balangan,

Made Arka, Pantai Balangan ini merupakan bagian dari Pantai Selatan Pulau Bali. "Letak pantai ini sejajar dengan Pantai Dream Land, pantai ini mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak awal 2011 lalu," tuturnya belum lama ini di Badung.

Dia mengatakan, karakter pasir Pantai Balangan adalah pasir merica berwarna putih yang tidak sehalus pasir Pantai Kuta maupun Seminyak. Meskipun pasir pantai ini berbulir kasar, Pantai Balangan juga memiliki panorama yang indah. Wisatawan dapat menikmati sejuknya pantai, selain itu juga bisa melihat aktivitas penerbangan Bandara Ngurah Rai.

"Karena lokasi pantai yang berhadapan langsung dengan landasan pacu pesawat di Bandara Ngurah Rai. Maka wisatawan yang duduk menghadap ke utara, bisa melihat pesawat pendaratan ataupun pesawat yang lepas landas dari kejauhan," kata Arka.

Aktivitas mendarat dan lepas landasnya pesawat di Bandara Ngurah Rai tersebut sebagai daya tarik dari Pantai Balangan. Jika dilihat dari pantai ini, pesawat yang lalu lalang telihat sangat kecil. Namun menyaksikan aktivitas kesibukan Bandara Ngurah Rai ini dari kejauhan adalah sesuatu yang seru bagi pengunjung pantai.

Dijelaskannya, Pantai Balangan memiliki garis pantai sepanjang 1 kilometer dan dilengkapi beberapa fasilitas seperti kursi pantai dan kafe yang menjual minuman serta makanan. "Untuk fasilitas di sini cukup lengkap, karena ada kafe dan kursi pantai. Wisatawan bisa bersantai di pantai ini," ujar Arka.

Bagian barat pantai ini dibatasi oleh tebing tinggi yang penuh dengan tumbuhan, terutama pohon kelapa. Selain itu juga terdapat semacam pondok untuk menikmati pantai dari ketinggian. Bagi penggemar surfing, Balangan ini menjadi salah satu spot favorit untuk aktivitas wisata.